Sinergi BAZNAS-BPJS Ketenagakerjaan Berdayakan Pekerja Rentan

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 22/11/2021
  • Sinergi BAZNAS-BPJS Ketenagakerjaan Berdayakan Pekerja Rentan


    Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Microfinance Titik Integrasi Matraman memfasilitasi mitra binaan menerima Bantuan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dari Indonesia Financial Group (IFG) dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), pada Rabu (10/11).

    Bantuan ini diberikan kepada sekitar 2.000 pekerja rentan. Sejumlah 80 mitra binaan BAZNAS TI Matraman telah terdaftar resmi mendapatkan bantuan perlindungan sosial.

    Bantuan yang diberikan berbentuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada relawan Covid-19 non-nakes (non tenaga kesehatan) pekerja rentan bukan penerima upah. Para mitra binaan termasuk dalam pekerja rentan peserta BPJS Ketenagakerjaan dan akan mendapatkan perlindungan tiga program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) selama 12 bulan.

    Bertempat di Gedung Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (10/11), secara simbolis bantuan tersebut telah diserahkan. Kartu kepesertaan BP Jamsostek diberikan kepada perwakilan pekerja rentan sebagai wujud nyata pelaksanaan komitmen bersama tersebut. Pihak pekerja rentan bukan penerima upah diwakilkan oleh dua orang mitra binaan baznas Microfinance TI Matraman, yaitu Karlela dan Fajria Safitri.

    "Saya sangat senang dapat menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan ini. Fasilitasnya sangat banyak dan melindungi kami yang memiliki usaha kecil-kecilan ini," ujar Karlela.

    Senada dengan Karlela, Fajria Safitri menyatakan bahwa ia sudah lama berniat ingin mendaftarkan diri dan tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan, namun saat itu masih dipertimbangkan karena tidak dapat fasilitas jaminan hari tua. "Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sekarang saya terima, alhamdulillah sudah termasuk fasilitas jaminan hari tua. Setidaknya saya niatkan menabung untuk hari tua saya dan masa depan anak," kata pemilik usaha ayam penyet ini.

    Turut hadir pula pendamping usaha BAZNAS Microfinance TI Matraman, Ahmad Taufik yang sangat menyambut baik program ini. "Program ini sangat membantu berbagai pihak yang menjadi sasarannya. Terutama mitra binaan kami di BAZNAS Microfinance TI Matraman, belum ada yang menjangkau mereka dalam perlindungan keselamatan kerja. Kami sangat mengapresiasi program ini," pungkasnya.

    BAZNAS TI Matraman senantiasa memberikan pendampingan dan edukasi terkait peningkatan kapasitas usaha agar dapat sukses tumbuh, berkembang dan berkah.

    #BaznasMicrofinanceTIMatraman
    #BAZNAS
    #GerakanCintaZakat
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance
    #TiMatraman

>
BAYAR ZAKAT