Sebanyak 20 Mustahik di Kabupaten Maros Terima Bantuan Program Zmart

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 06/10/2021
  • Sebanyak 20 Mustahik di Kabupaten Maros Terima Bantuan Program Zmart


    Program Zmart Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS menjadi program pengembangan usaha warung ritel dan telah diduplikasikan di berbagai daerah di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Salah satunya di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

    BAZNAS Kabupaten Maros melakukan pendistribusian barang warung Zmart yang dihadiri oleh Kepala Bagian Pendistribusian, staf pelaksana, pendamping program Zmart, dan relawan BAZNAS Kab Maros, dengan mendatangi langsung ke rumah 20 saudagar Zmart, pada Selasa (5/10). Para mustahik itu tersebar di 5 kecamatan, yakni Turikale, Maros Baru, Lau, Bantimurung, Marusu, dan Maros, yang menjadi titik pendistribusian program Zmart di Kabupaten Maros.

    Sebelumnya, BAZNAS Kabupaten Maros telah merealisasikan bantuan kepada 10 mustahik pada tahun 2020 lalu.

    Konsep program yang dilakukan di BAZNAS Kab Maros masih dilaksanakan dengan konsep swakelola, di mana pihak BAZNAS Kab Maros yang akan melaksanakan pembelanjaan barang warung ke toko grosir dan langsung mendistribusikan ke mustahik sebagai tahap awal penyaluran bantuan zakat.

    Setiap saudagar Zmart mendapatkan bantuan barang warung dengan nominal Rp3.750.000/warung yang diberikan dalam bentuk barang berupa beras 30kg, mie instan 5 dus, tepung terigu 1 dus, minyak goreng 1 dus, gula pasri 10 kg, sabun cuci piring 12 pcs dan sabun cuci baju 1 dus setiap saudagar Zmart.

    Selain mendapatkan barang produk, setiap warung Zmart juga mendapatkan bantuan renovasi ringan warung, papan nama Zmart dan rak single.

    Kegiatan diakhiri dengan penguatan pemahaman kepada saudagar Zmart sebagai program yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya warung kelontong dengan memberikan bantuan barang & branding serta pendampingan terkait pengelolaan barang, keuangan, dan pelaporan yang baik.

>
BAYAR ZAKAT