Sambut Ramadhan Da’I BAZNAS Bimbing Mualaf Desa Muntei Pelajari Fiqih Puasa

  • Diposting oleh : Muallaf Center
  • Tanggal : 31/03/2022
  • Sambut Ramadhan Da’I BAZNAS Bimbing Mualaf Desa Muntei Pelajari Fiqih Puasa


    Dalam rangka menyambut Ramadhan, Da'i Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Ustadz Ramdani Sa'adillah membawakan tema khusus tentang Fiqih Ibadah Bab Puasa pada pengajian yang diselenggarakan di Masjid Al-Quds Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kep. Mentawai Sumatera Barat, Minggu (27/3). Pengajian ini turut dihadiri oleh ibu-ibu mualaf di Desa Muntei. 

    Adapun materi yang dibahas antara lain makna puasa, keutamaan puasa, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, sunnah-sunnah puasa dan semua hal yang berkaitan dengan ibadah puasa dan Ramadhan. Pembahasan tema ini diharapkan dapat membuat para mualaf semakin paham tata cara ibadah yang benar di bulan Ramadhan.

    Pada sesi tanya jawab seorang mualaf bernama Rosmaniar bertanya terkait kebiasaan orang Minang saat menyambut Ramadhan.

    "Ustadz, dalam tradisi orang Minang, ada kebiasaan yang selalu dilakukan saat satu hari menjelang puasa, yang disebut dengan nama balimau, yaitu mandi dengan air jeruk nipis jelang Ramadhan dengan tujuan membersihkan diri. Bagaimana hukumnya dan apakah berpengaruh terhadap ibadah puasa kita?" tanya Rosmaniar.

    Ustadz Ramdani menjelaskan bahwa tradisi balimau bukan bagian dari syariat Islam.

    “Tradisi balimau bukan bagian dari syariat Islam, dilaksanakan ataupun tidak, tidak akan ada pengaruhnya pada ibadah kita. Jika itu dipandang hanya sebagai tradisi, silakan dilakukan asalkan jangan diyakini sebagai bagian dari syariat," jawab Ustadz Ramdhani.

    Diakhir kajian ustadz Ramdhani berharap agar mualaf di Desa Muntei dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar.

    “Kami berharap umat Islam pada umumnya dan mualaf di Desa Muntei khususnya dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar, sehingga diakhir Ramadhan kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan mendapatkan derajat ketaqwaan sesuai yang difirmankan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183," ujar Ustadz Ramdani.

>
BAYAR ZAKAT