Peternak Mustahik BAZNAS di Maros Manfaatkan Limbah Peternakan Jadi Pupuk yang Bermanfaat

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 19/08/2021
  • Peternak Mustahik BAZNAS di Maros Manfaatkan Limbah Peternakan Jadi Pupuk yang Bermanfaat


    Kegiatan pemeliharaan ternak tidak bisa dilepaskan dari limbah yang dihasilkan oleh ternak berupa kotoran. Jika limbah kotoran ini tidak ditangani dengan baik, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan. Hal ini tentu menjadi perhatian BAZNAS yang turut memberdayakan peternak mustahik binaan di berbagai daerah. Salah satu solusi pemanfaatan limbah kotoran ternak sapi, Balai Ternak BAZNAS Maros mendorong peternak untuk mengolah kotoran sapi menjadi kompos.

    Seperti terlihat pada Rabu (18/8), tiga peternak mustahik sedang mengumpulkan 80 karung yang kemudian diolah menjadi kompos. Kegiatan ini merupakan produksi kompos pertama yang dilakukan peternak mustahik di Balai Ternak Maros.

    Jika sebelumnya kotoran yang dihasilkan sapi di kandang peternak kerap menjadi limbah, tapi kini melalui pendamping yang diberikan BAZNAS, peternak sudah bisa melakukan produksi kompos. Kompos yang diproduksi akan dijual kepada petani sebagai pupuk organik.

    Pendamping program, Enhal yang memberikan pendampingan teknis kepada peternak menyampaikan selain dapat memberikan dampak untuk kebersihan lingkungan kandang, pengolahan kotoran sapi menjadi kompos ini bisa menjadi penambah sumber penghasilan bagi peternak selain dari penjualan sapi.

    Saat ini Balai Ternak BAZNAS Maros pada kelompok Abbula Sibatang sudah memiliki populasi ternak sebanyak 36 ekor. Jumlah ini akan terus bertambah ke depannya dan peningkatan kotoran yang dihasilkan sapi juga semakin besar. Potensi yang ada ini bisa dimanfaatkan oleh peternak sebagai peluang usaha meningkatkan penghasilan.

>
BAYAR ZAKAT