Peternak Ini Bersyukur Perekonomian Keluarganya Membaik Setelah Menjadi Binaan BAZNAS

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 09/11/2021
  • Peternak Ini Bersyukur Perekonomian Keluarganya Membaik Setelah Menjadi Binaan BAZNAS


    Shohibul Fadli (37 ) adalah salah satu peternak binaan BAZNAS yang bergabung dengan Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik sejak September 2019. Saat ini dia sudah memasuki tahun kedua bergabung menjadi peternak binaan BAZNAS. Sebelum bergabung sebagai peternak, sehari-hari Shohibul Fadli bekerja sebagai tenaga buruh dengan upah sebesar Rp1.500.000.

    Tujuan Shohibul Fadli mengikuti dan bergabung dengan program Balai Ternak BAZNAS untuk meningkatkan pendapatan agar kebutuhan sehari-hari dapat tercukupi, ingin menyekolahkan kedua anaknya sampai jenjang yang lebih tinggi, dan ingin memperbaiki gubuk menjadi rumah yang layak huni. Dengan tujuan tersebut Shohibul Fadli sangat giat mencari hiajaun dan memelihara ternak yang dia terima, agar apa yang menjadi tujuannya dapat tercapai.

    Pada awal program, Shohibul Fadli diberikan bantuan ternak sebagai aset produktif berupa modal usaha untuk dikelola dan dikembangkan menjadi usaha yang berkelanjutan. Jumlah ternak yang diterima sebanyak 9 ekor, yang terdiri dari 4 ekor induk, 3 ekor bakalan jantan, dan 3 ekor bakalan betina.

    Selama bergabung di Balai Ternak, Shohibul Fadli selalu bekerja keras dan mengikuti pendampingan dalam memelihara ternak. Hasil dari kerja kerasnya membuat ternak yang dipelihara mengalami perkembangan sebanyak 22 ekor anak domba. Dari perkembangan jumlah ternak tersebut ia menjual beberapa ekor anak domba dan bakalan. Dari awal program sampai saat ini telah memperoleh pendapatan dari ternak sebesar Rp14.527.500. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pendapatan Shohibul Fadli menjadi Rp2.160.500 per bulannya. Besaran pendapatan tersebut sudah berada di atas garis kemiskinan.

    Pendapatan yang terkumpul, tahun ini ia gunakan untuk membangun dan merenovasi rumah, sehingga rumah yang menjadi tempat tinggal keluarganya nyaman dan layak huni. Berubah dari tahun 2019 lalu, di mana saat itu keadaan rumah yang ditinggali keluarganya tidak layak huni.

    Rasa syukur dan terima kasih ia sampaikan kepada BAZNAS dan muzaki yang sudah memberikan kepercayaan untuk memelihara ternak. Harapannya dengan ternak yang dimiliki saat ini sebanyak 12 ekor, dapat berkembang dan lebih banyak lagi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup keluarganya.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #GerakanCintaZakat
    #LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtanaMenyejahterakanUmat

>
BAYAR ZAKAT