Perkuat Karakter Siswa, Sekolah Cendekia BAZNAS Gelar Kegiatan Bela Negara

  • Diposting oleh : Sekolah Cendekia
  • Tanggal : 10/01/2022
  • Perkuat Karakter Siswa, Sekolah Cendekia BAZNAS Gelar Kegiatan Bela Negara


    Penguatan karakter siswa menjadi salah satu program prioritas Sekolah Cendekia BAZNAS. Implementasi dari nilai ini adalah dengan digelarnya bela negara. Kegiatan ini wajib bagi seluruh siswa guna meningkatkan semangat nasionalisme serta jiwa disiplin yang bekerja sama dengan TNI AD Koramil Kemang.

    Bela negara merupakan rangkaian kegiatan pembinaan yang diberikan Sekolah Cendekia BAZNAS. Pembinaan yang digelar selama 3 hari di Bukit Bintang Leuwiliang, Kabupaten Bogor ini bertujuan untuk pembentukan karakter siswa menjadi pribadi yang tangguh, teguh, disiplin, cinta tanah air bangsa dan negara.

    Bela negara menyasar pada tercapainya keterampilan (life skill) 70% dan teori pengetahuan bela negara 30%. Untuk teori, siswa diberikan materi bela negara, pancasila, ketahanan negara, wawasan kebangsaan. Sedangkan materi praktik terdiri dari survival, peraturan baris berbaris, penghormatan militer, kepemimpinan lapangan, otientering, caraka malam dan Peraturan Urusan Dalam (PUD).

    Penanggung jawab kegiatan, Deni Irawan, menjelaskan bahwa kegiatan bela negara menjadi kegiatan tahunan yang dilaksanakan Sekolah Cendekia BAZNAS.

    “Siswa Sekolah Cendekia BAZNAS memiliki potensi besar dalam menguatkan program bela negara, karena para lulusan akan meneruskan pembelajaran bela negara dimasyarakat dan lingkungan asal mereka nantinya. Pengembangan pembinaan siswa Sekolah Cendekia BAZNAS juga selaras dengan prinsip bela negara, yaitu membentuk karakter," katanya.

    Sekolah Cendekia BAZNAS merupakan sekolah bebas biaya bagi siswa dhuafa yang dikelola oleh BAZNAS. Saat ini sebaran siswa dari 25 Provinsi di Indonesia telah hadir di Sekolah Cendekia BAZNAS. Dengan asas visi ‘Membentuk Karakter dan Mengoptimalkan Potensi’ sekolah penuh prestasi ini terus memberikan pendidikan profesional dan berkualitas.

>
BAYAR ZAKAT