Penataan Produk Berhasil Tingkatkan Minat Belanja Konsumen di Warung Zmart BAZNAS

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 12/10/2021
  • Penataan Produk Berhasil Tingkatkan Minat Belanja Konsumen di Warung Zmart BAZNAS


    Dila Nurlela (48) saudagar Zmart binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang beralamat di Kampung Cisadang 001/010 Desa Mandalasari, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, telah mendapatkan bantuan pengembangan usaha sejak Juli 2020 lalu.

    Memasuki masa pendampingan intensif, pendamping dari BAZNAS terus melakukan monitoring, baik secara personal maupun kelompok. Diskusi rutin tatap muka juga kerap dilakukan, dengan menerapkan protokol kesehatan. Saudagar diberikan edukasi seputar usaha warung Zmart yang dijalankannya.

    Setelah mendapat banyak bimbingan dari BAZNAS, Dila kini sudah mengerti tentang pentingnya display produk sesuai dengan standar program Zmart. Men-display produk dengan baik tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi warung, penempatan tata letak barang disesuaikan dengan jenis produk, kebutuhan, berat dan kegunaan.

    Makanan ringan biasanya lebih menarik perhatian anak-anak maupun remaja, lalu sebaiknya ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau. Kemudian pendamping BAZNAS juga menjelaskan untuk memisahkan antara produk sanitasi dengan produk makanan agar tidak ada perubahan bau maupun rasa pada makanan.

    Dila dalam hal ini sudah cukup baik dalam men-display produk dengan rak yang diberikan oleh BAZNAS. Hal itu berimbas pada meningkatnya minat konsumen untuk berbelanja di warung miliknya. Melalui pendamping program, Dila didorong untuk memaksimalkan penjualan PPOB meskipun memiliki pesaing serupa di sekitar warungnya.

    BAZNAS berharap dengan intervensi program ini mampu memberikan manfaat lebih untuk para saudagar sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang dan sukses.

>
BAYAR ZAKAT