Optimalisasi Pemasaran Batik, Kelompok Mustahik Koordinasi dengan BAZNAS Kabupaten Tuban

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 12/01/2022
  • Optimalisasi Pemasaran Batik, Kelompok Mustahik Koordinasi dengan BAZNAS Kabupaten Tuban


    Kelompok Usaha Putri Berdikari Batik binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Tuban menggelar pertemuan bersama BAZNAS Kabupaten Tuban, Rabu (5/1). Pertemuan tersebut sebagai salah satu strategi pemasaran produk batik tulis pewarnaan alam.

    Pertemuan ini diwakilkan oleh Divisi Pemasaran dan Keuangan Kelompok Putri Berdikari Batik, di Kantor BAZNAS Kabupaten Tuban. Diskusi tersebut menghasilkan beberapa poin strategi pemasaran produk, di antaranya tangkap siklus penjualan misalnya tahun baru, sekolah, lebaran, dan lainnya; semua orang di kelompok mencari pasar, bukan mengharapkan pada satu orang; pemetaan kebutuhan masyarakat setiap bulan/agenda hari besar misalnya lebaran, Ramadan.

    “Pemetaan itu perlu, menjawab permintaan pelanggan adalah keharusan untuk meningkatkan ekonomi mustahik," kata Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Tuban, Wakhid.

    Selain itu para perajin juga mengagendakan pertemuan rutinan setiap bulan bersama BAZNAS Kabupaten Tuban. Agenda ini merupakan respon dari permintaan mustahik.

    Hal ini dijelaskan oleh Sahabat ZCD Sumurgung, Musyawir, "Pertemuan ini adalah bagian evaluasi monitoring evaluasi yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tuban pada Desember 2021. Hasil monev ditangkap oleh para perajin dan dimusyawarahkan untuk memaksimalkan pemasaran produk.”

    "Memang setelah ada evaluasi dan untuk memaksimalkan program pendampingan pada aspek dakwah, agenda rutinan setiap bulan diadakan untuk mengoptimalkan kerja mitra," sambung Musyawir.

    Pertemuan akan diagendakan secara rutin setiap bulan bersama BAZNAS Kabupaten Tuban. Agenda ini tidak hanya bersifat pengajian dakwah saja tapi membangun forum bisnis.

    Dari pertemuan ini, para perajin juga berharap dari perbaikan strategi pemasaran akan memberikan dampak yang signifikan. “Semoga penjualan ke depan bisa semakin maju," kata perajin Putri Berdikari Batik, Mak Mben.


    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT