Mustahik Peternak BAZNAS di Aceh Produksi Pakan Silase

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 14/09/2021
  • Mustahik Peternak BAZNAS di Aceh Produksi Pakan Silase


    Mustahik yang diberdayakan oleh BAZNAS dalam program pemberdayaan ekonomi Balai Ternak BAZNAS di Pidie Jaya, Provinsi Aceh, mengembangkan produksi pakan silase untuk hewan ternaknya.

    Silase merupakan pakan hasil dari proses fermentasi. Pakan ini dapat disimpan dalam waktu lama dan dapat mengefisienkan waktu dalam beternak yang banyak dihabiskan ketika mengarit.

    Melalui pendampingan yang diberikan BAZNAS kepada peternak kini peternak sudah bisa berinovasi memanfaatkan teknologi pengolahan pakan fermentasi atau silase. Seperti yang terlihat pada Rabu (8/9) di Balai Ternak BAZNAS Pidie Jaya di Provinsi Aceh, peternak melakukan pengolahan limbah tabon jagung yang dihasilkan dari lahan integrated farming.

    Pengolahan silase yang dilakukan berbahan dasar limbah jagung ini tidaklah sulit. Adapun tahapan yang dilakukan peternak dalam membuat pakan silase ini adalah mengumpulkan limbah tabon jagung kemudian dilakukan pencacahan, dan dicampurkan dengan larutan activator dan campuran bahan seperti dedak.

    Dengan pemanfaatan pakan silase ini bisa peternak mustahik di Balai Ternak Mustahik di Pidie Jaya dapat menjadikan waktu dalam beternak lebih efisien karena peternak tidak perlu setiap hari mengarit rumput. Sehingga waktu untuk mengembangkan usaha samping peternakan bisa lebih maksimal.

>
BAYAR ZAKAT