Mustahik Suku Anak Dalam Binaan BAZNAS Studi Banding ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 17/11/2021
  • Mustahik Suku Anak Dalam Binaan BAZNAS Studi Banding ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam Jambi


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Tim Fasilitator Lapangan Pundi Sumatera melakukan kunjungan ke Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) di Sungai Gelam, Jambi pada Jumat, (22/10). Kunjungan tersebut bertujuan untuk berdiskusi dengan tenaga teknis lapangan BPBAT Sungai Gelam terkait pembesaran ikan patin oleh Kelompok Budi Daya Ikan Suku Anak Dalam (SAD).

    Mustahik SAD memiliki tiga unit kolam ikan patin. Ikan patin merupakan salah satu ikan konsumsi air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan patin masuk ke dalam golongan ikan berkumis yang mudah untuk dibudidayakan dalam berbagai jenis kolam.

    Pada kesempatan tersebut, Sahabat ZCD menyampaikan jika bantuan yang diberikan oleh pihak BPBAT Sungai Gelam pada September 2020 telah dipanen secara bertahap. Hasil panen tersebut telah memberikan manfaat bagi komunitas SAD untuk memenuhi kebutuhan protein warga SAD, dan sebagian dijual ke sekitar Desa Dwi Karya Bakti serta diolah menjadi ikan asap. Termasuk juga pesanan BPBAT Sungai Gelam sebanyak 30 kemasan ukuran 100 gram untuk display pada acara Pameran Bazar Hari Ulang Tahun KKP ke-22.

    Dalam proses pembesaran ikan patin, adapun tantangan yang dihadapi kelompok dalam kegiatan pembesaran ikan patin yaitu pertumbuhan ikan yang sedikit lambat, gangguan hama, dan perbedaan tumbuh ikan pada tiap kolam. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini sahabat ZCD mencari informasi dan pengetahuan terkait pembesaran ikan patin.

    Dari hasil pertemuan, Sahabat ZCD mendapatkan semangat baru untuk berupaya dalam pengelolaan usaha perikanan yang disampaikan dari pihak BPBAT Sungai Gelam.

    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT