Mustahik Binaan BAZNAS Lakukan Studi Banding Pertanian Ramah Lingkungan di Boyolali

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 22/11/2021
  • Mustahik Binaan BAZNAS Lakukan Studi Banding Pertanian Ramah Lingkungan di Boyolali


    Dalam rangka mendorong program pertanian yang ada di Desa Cluntang, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memfasilitasi tiga kelompok tani dampingannya dalam acara Studi Banding Pertanian Ramah Lingkungan yang dilakukan dengan mengunjungi Kelompok Argo Ayuning Tani yang bertempat di Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

    Sahabat Zakat Community Development (ZCD) melakukan koordinasi bersama dengan perwakilan Kelompok Argo Ayuning Tani, yaitu Warno (40) pada hari Senin, 8 November 2021 di kediamannya Dk. Pasah, Desa Senden, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dengan agenda pembahasan finalisasi keperluan operasional dan alur acara studi banding.

    Kelompok Argo Ayuning Tani dipilih karena daerahnya memiliki komoditas yang mirip dengan pertanian di Desa Cluntang, berpengalaman dalam penyetoran dan pemasaran hasil pertanian kepada beberapa perusahaan besar di tingkat Pulau Jawa, didampingi dan didanai oleh Bank Indonesia dalam rangka leading inovasi program pertanian.

    Pada Kamis (11/11), studi banding diikuti oleh 16 anggota perwakilan kelompok tani dampingan ZCD BAZNAS di Desa Cluntang, terdiri dari dua sesi yaitu sesi lapangan dan sesi materi. 

    Mengenai operasional, para mustahik memerlukan biaya sebesar Rp2.590.000,- untuk keperluan transportasi, perlengkapan media, biaya kebersihan dan kontribusi kelompok yang didanai oleh BAZNAS.

    Dengan adanya kegiatan ini, BAZNAS berharap mustahik dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para petani mustahik Desa Cluntang dalam proses budidaya pertanian, pemasaran hasil pertanian, dan proses advokasi pada stakeholder untuk mengembangkan kelompok tani agar dapat bermitra dengan instansi pemerintah, swasta, dan perusahaan terkait.

    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT