Mustahik BAZNAS di Bogor Studi Banding ke Tempat Wisata PTPN Nusantara Cianten

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 11/10/2021
  • Mustahik BAZNAS di Bogor Studi Banding ke Tempat Wisata PTPN Nusantara Cianten


    Kelompok Berkah Bersama yang dibentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program Zakat Community Develompent (ZCD) di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat berkunjung ke wilayah pariwisata berbasis pengelolaan kehutanan di Lahan Kehutaanan dan PTPN Nusantara di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Bogor, Senin (4/10).

    Kunjungan itu bertujuan untuk studi banding dan dilatari persamaan keadaan secara geografis dengan Hutan Wakaf Bogor, dan lokasinya tidak jauh untuk ditempuh oleh kelompok.

    Saat di lokasi studi banding, Kelompok Berkah Bersama mulai melakukan pengamatan di Wisata Bukit Cianten terlebih dahulu. Wisata bukit Cianten dikelola oleh warga sekitar dengan perizinan melalui Perhutani untuk dijadikan sebagai wisata yang berada di perhutanan.

    Para anggota kelompok juga bertemu salah satu pengurus Wisata Bukit Cianten, banyak yang kelompok bertanya perihal perizinan sampai penataan, bahkan anggaran pengelolaan serta langkah untuk melakukan promosi. Setelah selesai melakukan pengamatan di Bukit Cianten kelompok melanjutkan kegiatan kunjungan ke Bakukung yang berlokasi di Desa Purasari yang tidak jauh dari PTPN Nusantara.

    Sesampainya di Bakukung, kelompok disuguhkan dengan beberapa sajian wisata yang konsepnya bernuansa alam dengan unsur kekinian tetapi tidak mengubah bentuk hutan secara keseluruhan. Dipandu oleh pengelola kelompok mengelilingi area Bakukung dan melakukan sesi foto untuk rekomendasi kelompok penata Wilayah Hutan Wakaf 1 dan Hutan Wakaf 2.

    Dari kegiatan kunjungan studi banding yang dilakukan oleh kelompok, kelompok mendapatkan pemahaman baru untuk pengelolaan ekowisata berbasis hutan. Selanjutnya kelompok akan mengimplementasikan hasil diskusi dan memusyawarahkan bersama anggota kelompok lainnya untuk penataan ekowisata.

    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT