Mustahik BAZNAS Tuban Sinergi Donasi Sembako Bersama Komunitas Seribu Senyum

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 23/02/2022
  • Mustahik BAZNAS Tuban Sinergi Donasi Sembako Bersama Komunitas Seribu Senyum


    Para pengrajin Binaan Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS RI dari Yayasan Sahabat Pulau Indonesia yaitu Kelompok Putri Berdikari Batik melaksanakan program amal tahunan. Dalam kegiatan ini para pengrajin membagikan sejumlah sembako kepada para lansia yang berada dilingkungan dekat studio batik Putri Berdikari batik, pada Rabu (16/02). 

    “Ini kegiatan tahunan sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Kegiatan amal ini tidak menentu bentuk santunannya setiap tahun, ada kadang kami membagikan sejumlah uang tunai sebagai sedekah, kadang-kadang juga membagikan makanan atau sembako. Untuk tahun ini,  Alhamdulillah kami membagikan sejumlah sembako,” kata salah satu pengrajin batik, Mba Tar.

    Kegiatan amal tahunan Kelompok Putri Berdikari Batik tahun ini bekerjasama dengan Komunitas Seribu Senyum. Sahabat ZCD menjelaskan,  “Ini merupakan kerjasama antara dua komunitas. Seribu Senyum menjadi sponsor dari kegiatan ini dan Putri Berdikari Batik menjadi agen penyalur bantuan sembako yang sudah dianggarkan."

    Dalam proses penyaluran sembako, 9 dari 13 Mustahik Pengrajin Putri Berdikari Batik memilih mengantarkan sembako ke penerima manfaat yakni lansia secara langsung ke rumah masing-masing. Proses pengantaran menggunakan sepeda motor dengan cara membawa satu persatu sembako. Dalam aksi program amal dengan tema operasi pangan ini, seribu senyum memberikan 63 paket dengan total masing-masing Rp. 78.000 lebih dari 5.500.000 uang tunai yang diberikan kepada kelompok Pengrajin untuk dibelanjakan paket sembako. Paket berisi beras dua setengah kilo, gula 1 kilo, minyak kelapa 1 liter, teh 5 bungkus,  kecap 800 gram, serta telur 1 kilo. Namun dalam aksi penyediaan sembako, pemilik toko menambah item paket donasi . Tidak hanya itu salah satu pengrajin menambah satu paket sembako sehingga semua total 65 paket.

    BAZNAS berharap kegiatan berbagi ini dilakukan secara konsisten setiap tahun, karena kegiatan amal tahunan ini tidak hanya menjadi sebuah agenda sosial melainkan upaya untuk membangun kesadaran hidup rukun dan bergotong-royong. Dalam kegiatan ini para pengrajin membangun rasa empati antar sesama pada masa-masa pandemi.

     

    #BAZNASRI

    #InovasiBerkaryaUntukUmat

    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat

    #GerakanCintaZakat

    #ZakatCommunityDevelopment

     

>
BAYAR ZAKAT