Koperasi Peternak Binaan BAZNAS di Garut Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pertama

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 01/03/2022
  • Koperasi Peternak Binaan BAZNAS di Garut Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pertama


    Koperasi Peternak Mekarjaya mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021, di Kampung Dangiang, Desa Sukalillah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/2). Koperasi Mekarjaya adalah lembaga lokal yang dibentuk oleh BAZNAS dalam rangka persiapan kemandirian program Balai Ternak BAZNAS di Kabupaten Garut.

    Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Suhartono, Ketua BAZNAS Kabupaten Garut, Abdullah Efendi, Kepala LPPM BAZNAS RI, Ajat Sudarjat, Kepala Desa Sukalillah, Asep Haris, dan PPL Kecamatan Sukaresmi, Hilmi Hardiansyah.

    Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM memberikan apresiasi kepada koperasi peternak binaan BAZNAS yang sudah bisa menjalankan RAT sesuai dengan ketentuan peraturan perkoperasian. Suhartono juga menyampaikan harapannya agar terus mengembangkan usaha yang lebih cepat memberikan pendapatan serta sesuai dengan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Garut, khususnya peternakan.

    Pada RAT pertama ini, alhamdulillah bisa membagikan SHU (sisa hasil usaha) sebesar Rp4.175.550,00. Penerima SHU tersebut sebanyak 43 orang anggota koperasi.

    "Semoga pembagian SHU ini bisa memberikan motivasi kepada pengurus dan anggota untuk bersama-sama memajukan usaha koperasi agar manfaatnya semakin besar dan terasa", kata Gagan, pendamping program.

    Saat ini, koperasi sudah menjalankan berbagai usaha, diantaranya jual beli ternak, jual beli beras, penanaman pepaya, penanaman bawang daun, produksi kompos, pakan ternak, produk kulit, dan penggemukan domba. Dalam rencana tahun 2022, telah dibangun satu unit kandang penggemukan domba kapasitas 120 ekor. Kandang tersebut akan digunakan menjalankan program penggemukan kerjasama dengan PT. Berdikari sebanyak 100 ekor.

    Semoga keberadaan lembaga lokal koperasi dapat mempercepat mewujudkan kemandirian ekonomi dan kelembagaan bagi peternak mustahik di Garut.

    #BalaiTernakBAZNAS

    #BAZNAS

    #PilihanPertamaPembayarZakat

    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat

    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT