Kiat Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Lombok Barat Persiapkan Ternak Kurban

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 08/07/2021
  • Kiat Peternak Mustahik Binaan BAZNAS di Lombok Barat Persiapkan Ternak Kurban


    Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat yang terletak di Desa Langko, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu titik program pemberdayaan peternak mustahik dengan mengembangkan program penggemukan dan pembiakan peternakan sapi potong. Diresmikan sejak 2019 hingga saat ini, Balai Ternak Lombok Barat telah memberdayakan peternak mustahik sebanyak 25 orang dengan populasi ternak sebanyak 91 ekor sapi.

    Pada program penggemukan sapi potong ini, salah satu pasarnya yaitu pada penjualan ternak untuk kebutuhan kurban. Pada tahun 2021 ini Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat juga diberdayakan oleh BAZNAS untuk menyuplai kebutuhan ternak Kurban Online BAZNAS. Adapun berbagai persiapan telah dilakukan oleh peternak mustahik dalam memberikan kurban terbaik bagi mudhohi yang berkurban. Kiat yang dilakukan oleh peternak adalah menerapkan SOP pemeliharaan, monitoring rutin, dan quality control.

    Pendamping program Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat, Penas, menyampaikan bahwa persiapan untuk mempersiapkan ternak kurban ini telah dimulai setahun ke belakang melalui pemeliharaan yang sesuai SOP. Setiap ternak akan diberikan pakan yang menunjang peningkatan bobot sehingga sapi yang dijadikan kurban memiliki bobot yang sesuai dengan spesifikasi yang diminta.

    Dalam pemeliharan ternak bakalan untuk kurban, peternak melakukan manajemen pemberian pakan yaitu mengatur waktu makan sapi sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain diberikan dikombinasikan melalui pakan hijauan yang bernutrisi tinggi, ternak sapi juga diperhatikan kesehatannya melalui pemberian multivitamin dan obat cacing. Sehingga selain bobot ternak naik juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

    “Peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat akan memberikan ternak terbaik untuk menjaga amanah utk mudohi yang berkurban disetiap tahunnya dengan penerapan pemeliharaan ternak yang terpadu.” ujar Penas.

    Selain memastikan kualitas ternak melalui manajemen pemeliharaan sapi untuk kurban. Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat juga telah menjalani kegiatan Quality Control Ternak Kurban Online BAZNAS pada Selasa (6/7/2021) yang dilaksanakan oleh BAZNAS RI melalui Bagian Pengadaan Penyaluran, Divisi Pendayagunaan, dan LPPM BAZNAS. Secara umum ternak yang telah dipersiapkan oleh peternak mustahik di Balai Ternak BAZNAS Lombok Barat sudah memenuhi kriteria sebagai ternak kurban dengan kesanggupan suplai untuk Kurban Online BAZNAS.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #GerakanCintaZakat
    #LembagaPemberdayaanPeternakMustahik
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #KurbanOnline
    #KurbanOnlineBAZNAS

>
BAYAR ZAKAT