Kelompok Tani Binaan BAZNAS di Kabupaten Sukabumi Lakukan Pergantian Pengurus ICS

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 14/11/2021
  • Kelompok Tani Binaan BAZNAS di Kabupaten Sukabumi Lakukan Pergantian Pengurus ICS


    Gabungan kelompok tani Sugih Mukti binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS melaksanakan pergantian pengurus Internal System Control (ICS), di sekretariat gapoktan Sugih Mukti, Desa Cibatu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pergantian ini dilakukan sebagai upaya pengembangan pertanian kelompok tani.

    Pengurus ICS memiliki tugas inti sebagai pengawas produksi padi organik yang dilakukan petani agar sesuai prosedur atau standar organik. Pergantian kepengurusan diawali dengan pembahasan mengenai evaluasi kegiatan inspeksi sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik (LSO) ICERT.

    Pendamping program Lumbung Pangan BAZNAS, Syahrul mengungkapkan setiap temuan-temuan yang menjadi kekurangan saat inspeksi perlu dijadikan bahan pembelajaran untuk inspeksi tahun mendatang. Pada dasarnya dilihat dari segi administrasi, kurang lebih 75% item yang menjadi temuan lebih mengarah pada kontribusi pengurus ICS untuk mempersiapkan segala pemberkasannya. Mulai dari penerapan manajemen budi daya petani di lapangan sampai pada ketelusuran produk.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa saat inspeksi kemarin, pengurus ICS masih belum mempunyai gambaran seutuhnya terkait pemenuhan berkas untuk temuan tersebut, apalagi dalam menggunakan pola standarisasi ketelusuran produk mulai dari unit produksi sampai pemasaran.

    Pada sesi benah pengurus ICS, semua peserta yang hadir menyepakati bahwa perlu adanya revisi kepengurusan utamanya untuk para anggota yang terlihat sangat minim kontribusi. Sehingga hasil kesepakatan diperoleh bahwa pengurus baru di antaranya :

    1. Manager ICS : Nasir Hidayat (44)
    2. Komite Persetujuan Internal : Suri Musaeri (40)
    3. Unit Pendaftaran / Pelatihan : Herdi dan Akdawiyah
    4. Inspeksi Internal : Yuliawan Jabarudin (47), Dodi Ruswandi (39) dan Agus Rahmat
    5. Unit Pembelian / Penjualan: Mumu Muharam (42) dan Edi Kurniawan
    6. Penanggung Jawab Unit Pengolahan: Dedi Mulyadi

    Harapannya dengan adanya benah pengurus ini memberikan suasana dan semangat baru terhadap kinerja ICS GAPOKTAN Sugih Mukti supaya lebih berkembang lagi dalam mengelola usaha budidaya padi organik.

    Selain itu dalam kesempatan ini juga disepakati untuk ke depan pengurus ICS berkomitmen mengadakan pertemuan rutin setiap satu bulan sekali, mengupayakan adanya varian baru beras organik seperti tepung beras dan nasi liwet instan, serta perluasan jaringan kemitraan yang lebih diutamakan pada sektor pemerintahan.

>
BAYAR ZAKAT