Kampung ZIMBA Binaan BAZNAS Dikunjungi Kementerian PPPA

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 04/01/2022
  • Kampung ZIMBA Binaan BAZNAS Dikunjungi Kementerian PPPA


    Perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan kunjungan ke Kampung ZIMBA di RW 5 Desa Tamansari, Kabupaten Bogor, yang merupakan titik binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), pada Kamis (23/12).

    Kegiatan ini bertujuan untuk studi banding praktik baik yang sudah diinisiasi di Kampung Zimba dan diharapkan dapat menjadi masukan dalam program Kampung Anak Sejahtera (KAS) yang digulirkan oleh Kementerian PPPA di berbagai titik di Indonesia. Kegiatan ini dipandu oleh Ketua Yayasan Berkah Mandiri (Mitra ZCD BAZNAS) didampingi oleh Sahabat ZCD, anggota Kelompok Inara dan Mahasiswa KKN IPB.

    Kegiatan diawali dengan diskusi seputar Kampung Zimba dan simulasi permainan Zimba Boardgame dan PMBA Boardgame. Setelah itu, kunjungan dilanjutkan dengan Visit Kebun Zimba. Anggota Kelompok Pancasari menjelaskan seputar kegiatan kebun zimba yang merupakan kebun wisata agro edukasi untuk ketahanan pangan dan edukasi penyediaan pangan lokal untuk masyarakat yang terdiri dari kebun kandang dan kolam, dengan konsep yang ditanam dan menanam yang dimakan.

    Dari Kebun Zimba Tim Kemen PPPA diajak oleh anggota Kelompok OK Cilawi untuk keliling Legok Emper melihat rumah produksi olahan OK Snack dan sekaligus berkegiatan di Sanggar Doclang seperti menggambar dan dongeng tentang makanan bergizi untuk anak anak mustahik dan warga di Sanggar Doclang yang didampingi oleh kakak-kakak Mahasiswa KKN IPB yang mendapatkan apresiasi dari Tim Kementrian PPPA.

    Selain mengikuti lomba menggambar dan menyaksikan dongeng oleh Sahabat ZCD, anak-anak juga mendapatkan bingkisan berupa paket peralatan belajar dari Kementerian PPPA. Keseruan dan kecerian tampak jelas di wajah sekitar 25 anak yang menjadi peserta dan mengikuti kegiatan ini.

    Kunjungan diakhiri di Rumah Pintar BAZNAS yang terletak di sisi setu (danau) Tamansari, melihat pemandangan danau di sore hari sambil berfoto, dan menikmati kacang dan ubi rebus yang disediakan.

    BAZNAS berharap dari kegiatan tersebut Kampung Zimba dapat diajukan dan diusulkan untuk menjadi salah satu lokasi program Kampung Anak Sejahtera (KSA) di tahun yang akan datang.

    #BAZNASRI

    #InovasiBerkaryaUntukUmat

    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat

    #GerakanCintaZakat

    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT