Hewan Ternak Mustahik Binaan BAZNAS di Gresik Alami Peningkatan

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 08/10/2021
  • Hewan Ternak Mustahik Binaan BAZNAS di Gresik Alami Peningkatan


    Salah satu peternak mustahik binaan Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) BAZNAS di kelompok Barokah, Taskan (36) menyambut gembira kelahiran seekor anak domba pada Sabtu (2/10) di Desa Bangeran, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

    Taskan sangat bersyukur atas kelahiran anak dombanya, karena saat ini ternak yang dipelihara mengalami penambahan jumlah dari 13 ekor menjadi 14 ekor domba. Kelahiran ternak ini menunjukkan semakin kuatnya kapabilitas peternak mustahik dalam budi daya ternak.

    Kepala LPPM BAZNAS, Ajat Sudarjat, menyatakan bahwa Balai Ternak BAZNAS akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap peternak mustahik, mulai dari manajemen budidaya, penanganan reproduksi dan kesehatan ternak.

    "Selain itu, juga dilatih tentang tata niaga ternak, manajemen kelompok, manajemen administrasi dan keuangan, serta peningkatan kualitas spiritual," katanya.

    Harapannya, hal ini akan menghadirkan keberkahan serta memberi semangat kepada peternak mustahik lainnya agar mampu meningkatkan kemampuan beternak yang berimbas pada peningkatan populasi ternak, pendapatan usaha serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

    Kelompok Peternak Barokah merupakan salah satu kelompok program Balai Ternak BAZNAS yang didirikan pada 18 Agustus 2019. Dampak secara ekonomi telah dirasakan mustahik dan dampak sosial juga dirasakan masyarakat sekitar. Selain itu melalui inisiatif berbagi ini telah terbentuk kemandirian secara mental spiritual kepada peternak. 

>
BAYAR ZAKAT