Hari Batik Nasional, Perajin Binaan BAZNAS Gelar Acara Belajar Batik Gratis

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 06/10/2021
  • Hari Batik Nasional, Perajin Binaan BAZNAS Gelar Acara Belajar Batik Gratis


    Berbagai macam corak batik yang saling melengkapi mencerminkan budaya bangsa ini. Bangga dengan budaya asli Indonesia dan menjadikan batik sebagai identitas bangsa.

    Dalam memperingati Hati Batik Nasional yang jatuh pada Sabtu (2/10) perajin batik Kampung Batik Cibuluh binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, melaksanakan berbagai kegiatan seputar membatik untuk mengenalkan dan melestarikan salah satu warisan budaya dunia.

    Mengusung tema "Ingat Batik Bogor, Ingat Cibuluh" acara ini dilaksanakan untuk mengajarkan proses pembuatan batik secara gratis yang diikuti oleh 74 peserta. Edukasi kepada masyarakat cara membuat goresan canting yang ditumpahkan pada kain sehingga mengenalkan budaya nusantara yang harus dijaga yaitu batik.

    Acara dibuka oleh pencak silat pemuda Kampung Batik Cibuluh dan dilanjutkan oleh belajar membatik bersama yang diikuti oleh sebagian besar warga Kota Bogor. Dengan konsep gebyar belajar membatik bagi masyarakat dan mengenalkan proses membatik untuk melestarikan budaya Indonesia

    Setiap peserta mendapatkan kain putih sebesar 30x30 cm dan perlengkapan membatik seperti canting, lilin dan pewarna. Pewarna diberikan dengan warna merah dan hujay (rapit) serta warna dasar biru (indogosol). Baik anak anak maupun orang dewasa terlihat sangat antusias dalam kegiatan membatik gratis.

>
BAYAR ZAKAT