Efisiensi Biaya Produksi, Petani Lumbung Pangan BAZNAS Gunakan Alat Panen Modern

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 23/11/2021
  • Efisiensi Biaya Produksi, Petani Lumbung Pangan BAZNAS Gunakan Alat Panen Modern


    Petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dari Kelompok Tani Colomadu di Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menggunakan alat modern combine harvester dalam melakukan panen padi, pada Senin (23/11).

    Salah seorang petani Lumbung Pangan BAZNAS, Sukimin berkata penggunaan alat combine harvester ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan hasil produksi dan meminimalkan cost yang harus dikeluarkan saat panen padi berlangsung.

    "Penggunaan alat combine harvester ini ternyata bisa menghemat waktu produksi dari manual bisa 14 jam, dengan mesin bisa 8 jam. Dari biaya juga bisa menghemat Rp400.000/Ha," kata Sukimin.

    Combine harvester merupakan alat panen modern yang digunakan untuk memudahkan kerja petani dan menghemat biaya panen padi. Mesin ini terdiri dari kombinasi tiga fungsi yang berbeda, yaitu memotong, merontokan, dan menampung padi dalam satu rangkaian operasi.

    Senada dengan Sukimin, pendamping Lumbung Pangan Karanganyar, Suhartonawa menuturkan penggunaan alat ini efektif dalam memangkas waktu panen petani.

    "Dalam kesempatan ini, penggunaan alat combine harvester bagi petani binaan BAZNAS menjadi momentum transfer knowledge agar petani dapat melakukan efisiensi biaya dan waktu dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan biaya panen yang bisa di tekan, penghasilan petani juga lebih besar," katanya.

    Kelompok Tani Colomandu merupakan kelompok tani hasil kerja sama antara BAZNAS dan Qomunitas Petani Satu (QTA1) dengan total 33 petani menggunakan varietas beras aromatik dan menthik wangi, dengan mengedepankan sistem budi daya semi organik dan perlakuan organik.

    Badan Amil Zakat Nasional
    Pilihan Pertama Pembayar Zakat
    Lembaga Utama Menyejahterakan Umat
    InovasiBerkaryaUntukUmat

    #BAZNAS
    #LPEM
    #LumbungPangan

>
BAYAR ZAKAT