Edukasi Pengelolaan Usaha Mitra Mustahik, BAZNAS Dorong Kebiasaan Menabung

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 07/10/2021
  • Edukasi Pengelolaan Usaha Mitra Mustahik, BAZNAS Dorong Kebiasaan Menabung


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bojongrangkas, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, melakukan pendampingan sekaligus edukasi terkait pengelolaan usaha, khususnya dalam pengelolaan keuangan. Edukasi itu difokuskan pada kebiasaan menabung kepada Kelompok Mitra Binaan (KMB) Bojongrangkas Galuh Pakuan yang berada di Desa Cihideung Udik.

    Kelompok ini merupakan salah satu kelompok mitra yang produktif karena stabilitas dan kesinambungan kegiatan usahanya serta angsuran yang telah dilunasi sepenuhnya. Tak hanya itu, di akhir pembiayaan, masing-masing mitra mustahik yang tergabung dalam KMB ini juga memiliki tabungan pribadi masing-masing senilai Rp1 juta yang disimpan sebagai dana darurat ketika sewaktu-waktu mereka membutuhkan tambahan modal atau keperluan mendesak lainnya.

    Optimalisasi penggunaan tabungan pribadi tersebut dimaksudkan pula agar mereka memiliki kemandirian finansial yang baik sehingga terhindar dari peminjaman kepada bank keliling atau bank emok (rentenir). Praktik rente ini marak terjadi, yaitu pemberian pinjaman kepada sejumlah ibu rumah tangga dengan bunga yang mencekik.

    Pemberian pendampingan dan edukasi mitra diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha para mitra mustahik agar dapat semakin bertumbuh, berkembang, dan menuai keberkahan.

>
BAYAR ZAKAT