Dai BAZNAS Edukasi Pentingnya Adab di Masjid Kepada Mualaf

  • Diposting oleh : Muallaf Center
  • Tanggal : 10/09/2021
  • Dai BAZNAS Edukasi Pentingnya Adab di Masjid Kepada Mualaf


    Mualaf Center BAZNAS (MCB) menggelar kajian rutin di Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, dalam kajian tersebut, hadir sebanyak 20 anak-anak mualaf. Kamis, (26/8).

    Dai MCB, Ustaz Asep Ma'sum mengatakan, masjid merupakan tempat yang disucikan oleh seluruh pemeluknya, di dalam dan sekitarnya senantiasa dijadikan tempat yang baik untuk melakukan beragamam ibadah, terdapat ibadah mahdhah dan ibadah ghaira mahdhah.

    “Ibadah mahdhah adalah sejumlah ritual atau tata kegiatan peribadahan dalam artian sempit. Sebaliknya, ibadah ghaira mahdhah adalah ibadah yang bersifat sosial dan universal. Karena pada hakikatnya, ibadah dalam Islam tidak terbatas kaku atau seremoni,” katanya.

    Di depan anak-anak mualaf itu, Ustaz Asep menjelaskan bagaiaman adab di masjid tentang menjaga kekusyuaan selama ibadah, termasuk untuk tidak membuat keributan yang kemudian mengganggu orang lain.

    “Adab lainnya juga, masuk dan keluar masjid dengan berdoa, melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu untuk masuk dan kaki kiri ketika keluar. Pakai pakaian yang bersih dan indah, sopan, menjaga kebersihan diri dan ruangan masjid serta beragam adab-adab lainnya,” kata Ustaz Asep.

>
BAYAR ZAKAT