Dai BAZNAS Ajari Mualaf Membaca Al-Qur’an di Desa Tuva

  • Diposting oleh : Muallaf Center
  • Tanggal : 26/08/2021
  • Dai BAZNAS Ajari Mualaf Membaca Al-Qur’an di Desa Tuva


    Dai Mualaf Center BAZNAS (MCB) melaksanakan pengajian pekanan bersama para mualaf Dusun Tiga Desa Tuva pada Kamis (19/8). Kegiatan kali ini diawali dengan belajar membaca al-Qur’an terlebih dahulu, kemudian ceramah keagamaan. Pembelajaran al-Qur’an pada kesempatan ini adalah seputar mad asli atau mad wajib. Sejumlah tiga laki-laki dewasa dan seorang ibu hadir melingkar dengan menjaga protokol kesehatan di masjid Nurul Iman selepas salat maghrib.

    Bacaan yang dipakai untuk diajarkan masih seputar surat-surat pendek dalam juz 30. Pengajaran ini berguna bagi para mualaf agar bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan ketika menjadi sedang melaksanakan salat secara munfarid. Pembelajaran al-Qur'an atau tahsinul Qur'an yang dai MCB ajarkan berjalan lancar dan diikuti seluruh mualaf dengan penuh semangat.

    Setelah belajar al-Qur'an atau sesi tahsinul Qur'an tadi, dai MCB ustaz Abdulatif melanjutkan pembinaan dengan sedikit tausiyah tentang perintah membaca al-Qur'an dengan baik sebagaimana Allah firmankan dalam surat al-Muzammil ayat ke 4:

    اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ

    Dan bacalah al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan

    “Dalil ini menunjukkan bahwa membaca al-Qur'an harus dilakukan dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid yang berlaku.” pungkas ustaz Abdullatif beberapa waktu menjelang azan isya setempat.

>
BAYAR ZAKAT