Da’i BAZNAS Ajak Mualaf Otobasa Fahami Maksud dan Tujuan Puasa

  • Diposting oleh : Muallaf Center
  • Tanggal : 20/04/2022
  • Da’i BAZNAS Ajak Mualaf Otobasa Fahami Maksud dan Tujuan Puasa


    Da'i Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak mualaf binaan memahami maksud dan tujuan dari puasa Ramadhan. Hal ini disampaikan kepada mualaf Suku Dayak Dusun Otobasa pada kajian rutin mingguan di Masjid Jabal Nur Dusun Otobasa Desa Keranji Paidang Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat (15/4).

    Kajian mingguan ini dihadiri 21 orang mulaf dari kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu yang dilaksanakan setelah melaksanakan salat Jumat. Momen Sholat Jumat biasa digunakan oleh para mualaf Suku dayak Otobasa untuk berkumpul dan melaksakan pembinaan Mingguan.

    Diawal Ustadz Asep Ma’sum selaku Da'i BAZNAS menyampaikan maksud puasa.

    “Diantara dari maksud pelakasanaan puasa Ramadhan adalah (1). Hifdud Diin (menjaga agama), Puasa merupakan salah satu Rukun Islam yang lima, melaksanakan puasa berarti menjaga agama, melalaikan puasa berarti melalaikan agama. (2). Hifdun Nafs (menjaga jiwa, ruhani). Dengan berpuasa menjadi penyebab dosa dosa diampuni dan menjadikan sehat ruhani maupun jasmani," papar Ustadz Asep.

    Selanjutnya Ustadz Asep menyampaikan tujuan puasa.

    “Tujuan puasa yaitu menjadikan seorang hamba menjadi pribadi yang berkualitas yakni orang yang bertaqwa sebagaimana dalam Al - Qur'an dijelaskan;

    (یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَیۡكُمُ ٱلصِّیَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِینَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ)

    “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” [Surat Al-Baqarah 183]

    Diakhir paparannya Ustadz asep menyampaikan harapannya agar semua mualaf Suku Dayak Otobasa dapat melaksanakan puasa Ramadhan dengan baik.

    “Semoga para jamaah mualaf Otobasa dapat mendapat kekuatan dan dapat melaksanakan puasa Ramadhan dengan penuh ikhlas," pungkas Ustadz Asep.

>
BAYAR ZAKAT