Cara Peternak Mustahik BAZNAS Bantu Sesama Melalui Program Balai Ternak

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 07/01/2022
  • Cara Peternak Mustahik BAZNAS Bantu Sesama Melalui Program Balai Ternak


    Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik merupakan salah satu titik pemberdayaan peternak mustahik yang mengembangkan program pembiakan dan jual beli ternak domba. Hingga tahun 2021 Balai Ternak BAZNAS Gresik sudah memiliki 59 orang peternak mustahik yang diberdayakan melalui kelompok Barokah, Sumber Makmur dan Berkah Farm.

    Balai Ternak yang terletak di Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik Jawa Timur ini melakukan pengembangan program melalui penambahan peternak mustahik baru sehingga lebih banyak peternak mustahik yang dapat dibina.

    Pada Rabu (5/12), salah satu kelompok Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik yaitu kelompok Barokah melakukan penambahan anggota peternak baru sebanyak tujuh orang. Hal ini dilakukan atas inisiatif dari seluruh kelompok Barokah agar semakin banyaknya peternak musthik yang menerima manfaat dari usaha peternakan. Kelompok Barokah ini salah satu kelompok yang memiliki produktivitas ternak yang baik, kelahiran ternak selalu terjadi setiap bulannya. Selama tahun 2021 rata-rata kelahiran ternak sebanyak 16 ekor.

    Mahrusul Amin selaku ketua kelompok menuturkan “Kami selaku penerima manfaat merasa sudah sangat beruntung dan bersyukur dapat program dari BAZNAS dan sudah merasakan banyak manfaatnya, kemudian kami melihat ada beberapa warga di desa sekitar sini yang kehidupannya serba kekurangan dan merasa kasihan, kemudian setelah ngobrol katanya pengen punya ternak yang dirawat tapi tak bisa beli, akhirnya timbul ide untuk membantu warga yang kekurangan tersebut. Pendamping program di sini juga mendorong agar pada saat pertemuan kelompok ide ini disampaikan dan alhamdulillah semua anggota sangat setuju”.

    “Program penambahan penerima manfaat ini akan dilakukan dengan memberikan kepada masing-masing penerima manfaat sebanyak tiga ekor atau empat ekor domba tergantung dari tersedianya ternak. Ternak yang diberikan ini berasal dari ternak milik anggota lama Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik yang telah dibudidayakan, rencananya program ini akan dijalankan setiap dua tahun sekali, insya Allah dengan adanya program ini diharapkan memunculkan peternak mustahik baru dan bermanfaat bagi para penerima manfaat tersebut," kata Pendamping Program, Muhtarur Rofik.

    Adanya saling tolong menolong antar peternak mustahik ini menjadi harapan bahwa, tujuan BAZNAS dalam pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan umat, dan pengurangan kesenjangan sosial yang akhirnya menjadikan mustahik menjadi munfiq dapat terwujud, dan menjadi inspirasi bagi penerima manfaat program lainnya khususnya pada program pemberdayaan peternak mustahik.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT