Beras Petani BAZNAS jadi Bahan Penelitian Mahasiswa

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 14/09/2021
  • Beras Petani BAZNAS jadi Bahan Penelitian Mahasiswa


    Beras Raos Organik hasil panen dari para petani mustahik yang diberdayakan BAZNAS menjadi bahan penelitian mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Penelitian dilakukan pada kelompok tani "Sari Alam "binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS yang berlokasi di Desa Cibatu, Kecamatan Cikermbar, Kabupaten Sukabumi.

    Penelitian yang dilakukan Rizqia, mahasiswa tingkat akhir itu berjudul “Analisis Kinerja Rantai Pasok Beras Organik Beras Raos Kelompok Tani Sari Alam, Desa Cibatu, Kab. Sukabumi”. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara yang ditujukan kepada 15 petani sebagai sampel untuk menganlisa teknik penjualan gabah dari petani ke kelompok tani dan teknik produksi beras.

    Dari segi pemasaran beras Raos Organik, Rizqia melakukan wawancara terhadap pengurus kelompok tani yang terlibat dalam pemasaran produk serta beberapa distributor dan konsumen sehingga akan mendapatkan rantai niaga dari beras Raos Organik.

    Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja rantai pasok beras organik tersebut sudah efisien dalam 3 hal yakni margin pemasaran, perputaran persediaan dan persediaan pasokan harian. Selain itu kinerja rantai pasok Beras Raos juga sudah fleksibel hanya saja untuk beberapa aspek masih tergolong cukup fleksibel yakni dalam 3 hal, yakni :

    1. perbaikan mesin yang rusak dengan cepat, yakni rantai pasok cukup fleksibel dalam kegiatan perawatan mesin dilakukan tiap satu bulan sekali.
    2. penggunaan berbagai macam alat untuk pengiriman, yakni rantai pasok cukup fleksibel dalam melakukan pengiriman yang cepat dengan memilih alternatif pengiriman yang sesuai sehingga dapat memuaskan pelanggan dan
    3. pengiriman dengan kuantitas yang fleksibel, yakni rantai pasok cukup fleksibel dalam pemenuhan permintaan produk perusahaan mampu untuk memenuhi pesanan dari konsumennya, baik itu skala besar maupun skala kecil.

    Hadirnya usaha Beras Raos Organik ini telah menjadi arena edukasi bagi mahasiswa dalam menempuh gelar Sarjana Pertanian. Semoga dengan adanya penelitian tersebut dapat menjadi bahan evaluasi atas kekurangan dan kelebihan dalam pemasarkan beras organik.

     

>
BAYAR ZAKAT