Balai Ternak BAZNAS Lakukan Pembuatan Pakan Komplet dalam Program Investasi Penggemukan Ternak Domba

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 22/11/2021
  • Balai Ternak BAZNAS Lakukan Pembuatan Pakan Komplet dalam Program Investasi Penggemukan Ternak Domba


    Usaha penggemukkan domba saat ini banyak dikembangkan oleh sebagian besar peternak, terutama peternak milenial. Tidak sedikit juga, para investor melirik usaha penggemukkan domba. Tujuan penggemukan ternak domba adalah upaya mendapatkan pertambahan bobot badan yang tinggi dalam waktu cepat dan menghasilkan kuantitas serta kualitas karkas yang tinggi. Sehingga, domba yang digemukkan nantinya berpotensi masuk ke pasar aqiqah, sate dan kambing guling.

    Saat ini Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Bogor atau Koperasi Produsen Berkah Jaya Cimande mendapatkan kepercayaan dari salah satu investor yang menitipkan modalnya untuk usaha penggemukan domba. Domba yang dipelihara sebanyak 65-75 ekor, dengan waktu pemeliharaan selama dua bulan.

    Sebelum masa pemeliharaan, tentunya harus disiapkan terlebih dahulu pakan yang baik sebagai penunjang pertumbuhan dan penambahan bobot badan domba sehingga menghasilkan karkas yang baik juga.

    Pada Senin (15/11) peternak yang menjadi pengurus usaha penggemukan domba melakukan pencampuran bahan baku pakan agar menjadi pakan komplit di gudang pakan. Pencampuran bahan ini dilakukan secara manual dengan mengaduk setiap item bahan bakunya.

    Bahan baku terdiri atas sumber energi (polard, onggok, molases); sumber protein (bungkil sawit, kopra, kulit kopi); sumber serat (tumpi jagung) dan mineral (premiks). Dari campuran bahan baku pakan tersebut dihasilkan protein kasar sebesar 15,02% dan TDN sebesar 69,65% dengan harga Rp 2.859/kg. Pakan komplit yang dibuat ini memberikan pertumbuhan bobot badan sebesar 3 kg per bulannya.

    Pendamping Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Bogor, Sunarya berharap dengan adanya investasi ini dapat mengembangkan usaha peternakan dan memberikan tambahan penghasilan untuk peternak dan investor yang menitipkan modalnya di Koperasi Berkah Jaya Cimande. Selain itu, pendamping dan pengurus koperasi juga akan memberikan usaha terbaik dalam menjalankan usaha penggemukan ternak domba tersebut.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT