Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik Bentuk Koperasi Sumber Barokah Gresik

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 18/11/2021
  • Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik Bentuk Koperasi Sumber Barokah Gresik


     

    Balai Ternak BAZNAS Kabupaten Gresik menghadap notaris untuk melakukan penandatanganan akta pendirian Koperasi, pada Jumat (12/11). Penandatanganan tersebut merupakan salah satu tahap yang harus dilalui Balai Ternak dalam proses pengajuan pembentukan koperasi produsen.

    Penandatanganan akta notaris tersebut dilakukan oleh Muhammad Ridho'i sebagai ketua pengurus, Mahrusul Amin sebagai sekretaris, dan Sariono sebagai koordinator pengawas. Adapun nama Koperasi yang disepakati semua anggota adalah Koperasi Produsen Sumber Barokah Gresik.

    Koperasi Produsen Sumber Barokah Gresik yang dibentuk nantinya akan bergerak di bidang usaha produksi, distribusi, pengolahan, pemasaran, dan sarana produksi peternakan serta produk turunan peternakan. Dengan mengelola beberapa unit usaha yang sebelumnya telah dimiliki oleh Balai Ternak BAZNAS Gresik seperti penggemukan ternak domba, produksi pakan, produksi kompos serta pengadaan-pengadaan kebutuhan lainnya seperti obat pertanian, obat ternak dan alat pertanian.

     

    Pendamping program, Muhtarur Rofiq menyampaikan tujuan dari pembentukan kelembagaan koperasi produsen ini adalah untuk memudahkan anggota mengakses bahan baku dan memasarkan produk yang dihasilkan peternak, sehingga pemasaran usaha yang dilakukan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, memberikan keuntungan yang lebih besar bagi peternak mustahik sebagai anggota koperasi. Selain itu, dengan adanya lembaga koperasi dapat mendorong para peternak untuk mengelola usaha secara langsung.

    Pembentukan koperasi produsen di Balai Ternak BAZNAS Gresik ini tidak terlepas dari intervensi, advokasi, dan pendampingan yang dilakukan BAZNAS. Koperasi menjadi salah satu aspek kemandirian kelembagaan Balai Ternak selain kemandirian secara ekonomi dan mental spiritual.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #LPPMBAZNAS
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT