BAZNAS Beri Edukasi Terkait Bahaya Covid-19 kepada Siswa Suku Anak Dalam

  • Diposting oleh : Beasiswa Pendidikan
  • Tanggal : 21/07/2021
  • BAZNAS Beri Edukasi Terkait Bahaya Covid-19 kepada Siswa Suku Anak Dalam


    Anak-anak termasuk kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19. Terlebih dengan munculnya varian baru virus corona yang lebih menular dan lebih berisiko menyerang anak.

    Sayangnya pemahaman tentang infeksi Covid-19 terhadap anak masih relatif rendah. Seperti para anak di Suku Anak Dalam (SAD), Jambi. Mereka hanya mengetahui virus corona sebatas penyakit yang dapat menular dan harus dihindari. Namun untuk lebih jauh, SAD perlu mengetahui sebab akibat dan dampak yang ditimbulkan dari penyakit ganas yang satu ini.

    Berdasarkan hal itu, pendamping siswa di Suku Anak Dalam (SAD), Alan, mencoba memberikan pemahaman edukasi dasar mengenai virus corona yang berkembang hingga saat ini kepada anak didik SAD.

    Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan kelompok anggota belajar sekolah alam di balai pertemuan SAD. Menggunakan laptop, mereka memutar video dan memperlihatkan gambar ilustrasi corona serta level keganasannya. Pada dasarnya anak-anak memang menyukai sistem belajar menggunakan media gambar visual karena lebih membuat anak didik tertantang dan tuntas menyimak materi sampai akhir.

    "Sembari menonton video saya menjelaskan kepada anak didik dengan bercerita tentang virus corona. Hal apa yang menyebabkan seseorang atau makhluk hidup itu dapat terinfeksi virus dan bagaimana cara mengatasinya. Seperti pencegahan misalnya, mulai dari membiasakan diri untuk hidup sehat, mencuci tangan, memakai masker dan sebagainya," kata Alan.

    "Lalu jika sudah terinfeksi dengan virus berbahaya ini, hal yang harus dilakukan adalah menghindari interaksi jarak dekat dengan orang-orang atau yang sering disebut dengan isolasi serta mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti buah-buahan dan sayuran, kacang, daging, memperbanyak minum air putih dan lain sebagainya," sambungnya.

    Selama bercerita dan menonton, anak-anak aktif memberikan tanggapan, salah satu anak didik bernama Firman mengatakan bahwa "Jika memakan buah-buahan adalah hal yang baik bagi tubuh, orang rimba justru sangat aktif mengonsumsi buah, karena kami tinggal di hutan dan dikelilingi dengan berbagai jenis buah yang ada. Apakah kami sudah termasuk kedalam kategori sehat, pak?" tanya Firman.

    "Buah memang sangat berarti bagi tubuh manusia, akan tetapi kita juga membutuhkan asupan makanan lain yang banyak mengandung protein dan pola makan yang harus terjaga," jawab Alan.

    Edukasi ringkas ini diikuti oleh anak didik di masa senggang pertengahan hari, ketika mereka pulang dari sekolah. Harapannya anak didik juga bisa saling mengingatkan ke orang tua mereka di rumah untuk selalu menjalani hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

     

    -------------------------------------
    Yuk berdonasi
    (Zakat , Infaq, dan Sedekah)
    dengan menghubungi
    Contact center BAZNAS
    WhatsApp: 087877373555
    Email : [email protected]
    Dompet Pendidikan BAZNAS
    Bank Mandiri 1220.000.881.881
    BNI Syariah 928.407.773
    a.n. BAZNAS

>
BAYAR ZAKAT