BAZNAS Bantu Korban Banjir di Kabupaten Luwu

  • Diposting oleh : Jenis berita
  • Tanggal : 12/10/2021
  • BAZNAS Bantu Korban Banjir di Kabupaten Luwu


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui lembaga program BAZNAS Tanggap Bencana dan Rumah Sehat BAZNAS membantu korban banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Banjir merendam dan merusak rumah di tiga kecamatan, yakni Walenrang Utara, Walenrang Timur dan Lamasi Timur. Banjir bandang juga menyebabkan longsor di Desa Ilan Batu yang menyebabkan terputusnya akses ke wilayah tersebut. Empat warga dilaporkan meninggal dunia dalam bencana ini.

    Tim Rumah Sehat BAZNAS merespons kebutuhan dasar kesehatan warga terdampak banjir dan longsor yang masih terisolasi. Tim respons bencana BAZNAS yang terdiri dari BAZNAS Tanggap Bencana dan Rumah Sehat BAZNAS dilepas oleh Pimpinan BAZNAS RI, Kolonel (Purn) Caj. Drs. Nur Chamdani didampingi Kepala Divisi Pendistribusian Ahmad Fikri dan Ketua BAZNAS Kabupaten Maros, M. Said Patombongi.

    Setibanya di posko pengungsian, Tim Rumah Sehat BAZNAS langsung melakukan pemeriksaan kesehatan pada warga yang terdampak banjir bandang. Keluhan terutama ditemukan pada anak-anak. Demam, flu, batuk dan gatal-gatal menjadi keluhan terbanyak yang menjangkiti pengungsi.

    Tim Rumah Sehat BAZNAS kemudian mengunjungi posko-posko pengungsian warga. Salah satunya di Desa Muso yang lokasinya terdapat di atas gunung. Menempuh perjalanan 1 jam, akhirnya tim Rumah Sehat BAZNAS sampai di posko pengungsian yang dihuni 28 kepala keluarga. Beratnya medan tanah berlumpur yang curam menjadi tantangan tersendiri bagi tim.

    Warga yang mengungsi merasa sangat bersyukur dengan hadirnya tim Rumah Sehat BAZNAS di posko pengungsian. Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan distribusi vitamin, tim Rumah Sehat BAZNAS kembali ke posko induk.

    Kehadiran BAZNAS memberi banyak manfaat bagi warga setempat. Isran Kadir Passan selaku Kepala Desa Sangtandung memgucapkan terima kasih kepada tim BAZNAS yang telah hadir sejak awal bencana hingga hari terakhir status tanggap bencana di Kabupaten Luwu.

    Peran BAZNAS yang mendampingi warga terdampak banjir dirasakan sangat bermanfaat. BAZNAS berharap warga terdampak dapat segera pulih hingga bisa beraktivitas seperti semula.

>
BAYAR ZAKAT