BAZNAS dan Pemkab Siak Berdayakan 193 Keluarga pada Program Keluarga Harapan Berbasis Peternakan

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 18/11/2021
  • BAZNAS dan Pemkab Siak Berdayakan 193 Keluarga pada Program Keluarga Harapan Berbasis Peternakan


    Upaya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam mengentaskan kemiskinan mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten Siak, yang berkolaborasi dalam sebuah program berupa Pelatihan Dasar Peternak (PDP). Program itu melibatkan 193 peternak dari 16 kelompok peternak mustahik di 16 desa di Kabupaten Siak.

    Adapun kelompok peternak mustahik tersebut dibentuk dengan dana zakat yang bersumber dari ASN di lingkungan kecamatan, puskesmas, guru dan muzaki yg berzakat lainnya.

    Pelatihan Dasar Peternak (PDP) berlangsung selama 2 November hingga 18 November 2021, di mana setiap tiga kali dalam seminggu, tim BAZNAS dan pemerintah daerah serta dinas terkait memberikan pelatihan kepada peternak. Materi yang disampaikan pun terdiri dari pengenalan kelembagaan BAZNAS dan motivasi oleh Ustaz Mahmuda selaku kepala LPPM BAZNAS Kabupaten Siak, kemudian teknis pemeliharaan ternak seperti kesehatan, reproduksi, dan pakan ternak oleh drh. Fran Defianto.

    Pendamping balai ternak, Hasan menuturkan, "Tujuan diadakannya pelatihan peternak ini yaitu dapat memberikan manfaat berupa pemahaman dasar beternak bagi para peternak yang sudah dan akan menjalankan peternakan kambing, seperti memilih bibit yang baik, pakan ternak yang baik, jenis ternak yang baik, dan sebagainya, sehingga dapat menghasilkan kualitas ternak yang unggul”.

    Kepala LPPM BAZNAS Kabupaten Siak, Ustaz Mahmuda berharap, pelatihan yang diberikan kepada kelompok peternak ini dapat diaplikasikan dalam proses pemeliharaan ternak serta ternak kambing yang diterima dapat dikelola dengan baik, tumbuh dan berkembang dan dapat menjadi pendapatan tambahan bagi keluarga yang akhirnya dapat membantu upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Siak.

    #BalaiTernakBAZNAS
    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmat
    #GerakanCintaZakat

>
BAYAR ZAKAT