BAZNAS dan PT BTS Rutin Lakukan Monitoring Perkembangan Kondisi Ayam Peternak Binaan

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 21/03/2022
  • BAZNAS dan PT BTS Rutin Lakukan Monitoring Perkembangan Kondisi Ayam Peternak Binaan


    Pendamping Program Balai Ternak Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purworejo, Hamdan Aji dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari PT Bintang Tama Santosa (PT BTS ), Suripto melakukan monitoring perkembangan kondisi ayam di kandang salah satu mustahik binaan BAZNAS, Al Amin di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah (11/03/2022). Monitoring rutin ini dilakukan agar peforma ayam tetap stabil hingga masa panen sehingga hasil panen memuaskan.

    Suripto menjelaskan, umur ayam di kandang Al Amin adalah 22 hari. Sample timbangan ayam rata-rata 1,2 kg dan sudah mencapai target bobot. "Panen akan dilakukan ketika bobot ayam sudah mencapai sekitar 2 kg. Biasanya itu tercapai ketika sudah pemeliharaan selama 37-39 hari," jelas Suripto.

    Hamdan menambahkan, ini merupakan periode kedua bagi Al-Amin. "Semoga panen periode kedua nanti bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari panen perdana," ujar Hamdan.

    Hasil panen perdana Al Amin cukup memuaskan. Hal itu ditunjukan dengan tingkat mortalitas yang cukup rendah yaitu 5,20%, indeks performance(IP) senilai 346, dan konversi pakan senilai 1,60. Pendapatan bersih yang diterima Al Amin dari pemeliharaan 2.300 ayam pada periode perdana yaitu senilai Rp6.950.000 "Alhamdulillah hasil panen pada periode perdana cukup baik, saya sangat berterima kasih atas pendampingan dari BAZNAS dan juga BTS. Mudah-mudahan hasil-hasil panen ini dapat ditabung buat memperbanyak populasi," tutur Al Amin.

>
BAYAR ZAKAT