BAZNAS Terus Dorong Produksi Unggulan Kain Tenun di NTT

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 25/02/2022
  • BAZNAS Terus Dorong Produksi Unggulan Kain Tenun di NTT


    Badan Amil Zakat NAsional (BAZNAS) melalui SahabatZakat Community Development (ZCD) terus berupaya mendorong kegiatan ekonomi Kelompok Tenun Ikat Annur Desa Mbulilo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, NTT untuk terus melakukan upaya-upaya adaptif di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Jumlah anggota Kelompok terdiri dari 26 Mustahik yang tergabung dalam pembuatan kain tenun, Jumat, (20/02). 

    Produksi dilakukan di Rumah Produksi Tenun Ikat Annur Mbulilo’o. Meskipun di cuaca yang tidak bersahabat, angina beserta kabut menyelimuti Desa Mbuliloo, Mustahik Binaan ZCD BAZNAS tetap semangat  dalam produksi manual kain tenun. Adapun hasil proses produksi pada minggu ini yaitu memutar benang sebanyak 6 buah, pemotifan sebanyak 3 buah dan proses perapian untuk ditenun sebanyak 2 buah. Sementara sarung utuh sebanyak 1 buah sudah terjual dengan harga Rp 300.000,- dan 3 sarung utuh lainnya belum laku terjual. Untuk pembuatan satu kain sarung tenun normalnya dibutuhkan 1 sampai 2 tenaga kerja, dengan jangka waktu pembuatan 2 sampai 3 minggu lamanya

    Kualitas tenunan biasanya dilihat dari mutu bahan, keindahan tata warna, motif, pola dan ragam hiasannya. Motif yang Kelompok Annur pilih dalam pembuatan sarung adaah Motif Sepak-Paki, karena berdasarkan wawancara kelompok bahwa motif tersebut sangat laris dipasaran dan juga tidak terlalu rumit dalam proses produksinya.

    Untuk pemasaran kain tenun ini,  Kelompok sudah memiliki tempat tetap yaitu di pasar tradisional Kabupaten Ende. Dengan adanya kegiatan produksi kain tenun tradisional ini tidak hanya dapat menjadi nilai tambah dakam financial keluarga mustahik, namun mustahik juga dapat merasa ikut serta dalam menjaga tradisi dan budaya Indonesia di tengah zaman milenial seperti sekarang ini.

     

    #BAZNASRI

    #InovasiBerkaryaUntukUmat

    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat

    #GerakanCintaZakat

    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT