BAZNAS Tanggap Bencana Ikut Serta Jadi Satgas Protokol Kesehatan PON XX Papua 2021

  • Diposting oleh : Tanggap Bencana
  • Tanggal : 27/09/2021
  • BAZNAS Tanggap Bencana Ikut Serta Jadi Satgas Protokol Kesehatan PON XX Papua 2021


    Dalam persiapan PON XX Papua 2021, terutama aturan protokol kesehatan, Satgas Covid-19 bersama BNPB menghimpun relawan khusus ditugaskan untuk menjadi Satgas Prokes. Penerapan protokol kesehatan ketat menjadi perhatian serius panitia PON demi menjaga kesehatan para atlet serta masyarakat setempat.

    Guna mendukung hal itu, BAZNAS Tanggap Bencana mengirimkan 25 personelnya sebagai Relawan Satgas Prokes PON XX 2021. Selain itu, terdapat sejumlah 65 relawan lainnya dari organisasi masyarakat dan pemuda di Kabupaten Mimika.

    Para relawan mendapatkan pembekalan secara daring sejak Rabu (22/9). Mendekati penyelenggaran PON XX Papua pada Sabtu (25/9), seluruh relawan melaksanakan pelatihan luring bersama BNPB dan BPBD Kabupaten Mimika di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika.

    Selain itu pelatihan luring juga dilakukan di Kota Jayapura sebagai salah satu tempat pelaksanaan PON XX Papua. Pembekalan tersebut meliputi materi perubahan perilaku, protokol kesehatan, serta penggunaan aplikasi InaRISK untuk monitoring pelapotan aktivitas di lingkungan PON XX Papua. Para relawan ini nantinya akan disebar di berbagai titik sekitar tempat penyelenggaraan PON XX Papua.

    Acara dibuka oleh Dra. Prasinta Dewi, M.A.P selaku Kepala Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Kasatgas Prokes) PON XX Papua. Dalam sambutannya Prasinta Dewi menyampaikan bahwa dukungan yang diberikan BNPB ini sebagai bentuk kepedulian negara di tengah msyarakat saat pandemi Covid-19 untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 dalam pelaksanaan event nasional PON ke XX di Papua. Prasinta Dewi pun berterima kasih kepada seluruh relawan yang berpartisipasi dan turut membantu dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi dengan melakukan aktivitas preventif seperti membuka gerai masker dan mobil masker.

    Dalam kesempatan yang sama, Pangarao Suryotomo selaku Plt. Direktur Kesiapsiagaan BNPB yang juga Kepala Bidang Sumber Daya Satgas Prokes PON XX Papua, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan kepada masyarakat harus mengedepankan pendekatan yang humanis dan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

    BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika siap berkontribusi dan berkomitmen sebagai Satgas Prokes PON XX Papua, dengan melakukan kegiatan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat sebagai langkah preventif penularan Covid-19 saat PON XX Papua berlangsung. Harapannya kegiatan PON XX Papua dapat berjalan dengan baik walau harus terbatas dengan oenerapan protokol kesehatan, sehingga kegiatan tersebut tidak menimbulkan klaster baru, dan menjaga masyarakat serta para atlet dari Covid-19.

>
BAYAR ZAKAT