BAZNAS Salurkan Hidangan Dapur Kuliner Nusantara di Tasikmalaya

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 21/12/2021
  • BAZNAS Salurkan Hidangan Dapur Kuliner Nusantara di Tasikmalaya


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui sinergi dengan BAZNAS Provinsi Jawa Barat dan BAZNAS Kabupaten Tasikmalaya memberdayakan 15 warnas dan warteg sebagai mitra produksi hidangan DKN yang kemudian dilanjutkan kegiatan distribusi kepada 51 titik salur yang terdiri atas pondok pesantren, yayasan, dan kelompok isoman di beberapa titik di Tasikmalaya.

    "Dengan bantuan usaha bagi warung nasi mustahik sebagai mitra produksi BAZNAS dengan cara dibeli produknya sejumlah 200 paket makanan atau warung nasi," ucap Bahari Atsal Darmawan.

    Pendistribusian terbagi dalam dua waktu penyaluran, yaitu pembagian hidangan makan siang sebanyak 2.600 porsi dan makan sore/malam sebanyak 400 porsi kepada 3.000 jiwa penerima manfaat. Kegiatan itu juga melibatkan lima pekerja rentan yang memenuhi persyaratan dan direkrut sebagai relawan Cash for Work (CFW).

    Adapun rencana kegiatan distribusi selanjutnya khusus di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dalam pekan ini, tepatnya mulai tanggal 12 hingga 15 Desember 2021, ditargetkan total penyaluran hidangan sebanyak 3.000 porsi hidangan kepada 3.000 penerima manfaat, dengan memberdayakan 15 pelaku usaha mikro sektor kuliner dan 10 pekerja rentan sebagai relawan CFW.

    Seluruh rangkaian proses pelaksanaan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan tidak menimbulkan kerumunan, selain itu tenaga-tenaga yang dilibatkan mulai dari mitra produksi, relawan CFW, dan seluruh tim yang bertugas juga memenuhi asesmen kesehatan sebelum menjalankan kegiatan program.

    Dapur Kuliner Nusantara (DKN) merupakan program pendayagunaan BAZNAS untuk penguatan para pelaku usaha mikro yang bergerak di sektor makanan/kuliner melalui stimulus pembelian paket makanan dalam jumlah tertentu. Nantinya didistribusikan kepada para terdampak COVID-19, baik personal maupun kelompok atau lembaga. Distribusi paket makanan yang dimaksud, dilakukan kepada masyarakat terdampak COVID-19, antara lain pasien isoman, tenaga kesehatan (nakes), masyarakat rentan, para santri pondok pesantren, dan masyarakat lainnya yang terdampak.

    #BAZNAS
    #PilihanPertamaPembayarZakat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #BAZNASMicrofinance

>
BAYAR ZAKAT