BAZNAS Lakukan Pengukuran Keberhasilan Program di Balai Ternak Purwakarta

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 01/10/2021
  • BAZNAS Lakukan Pengukuran Keberhasilan Program di Balai Ternak Purwakarta


    Program pemberdayaan peternak mustahik yang telah dilakukan BAZNAS di Balai Ternak BAZNAS Purwakarta telah berjalan sejak Desember 2021. Banyak Dampak yang telah dirasakan oleh mustahik seperti peningkatan keahlian dalam pemeliharaan ternak dan pengolahan hasil samping ternak, dampak secara kelembagaan, dan dampak secara ekonomi.

    Dalam rangka memetakan dampak secara kuantitatif maka BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) lakukan pengukuran keberhasilan program melalui IPZ (Indeks Pendayagunaan Zakat). Pengukuran ini dilakukan oleh Supervisor Program LPPM BAZNAS kepada 25 orang peternak mustahik yang tergabung di Kelompok Hittachi pada Selasa (28/9).

    Ada lima aspek yang diukur pada pengukuran IPZ ini yaitu aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan dakwah. Hasil pengukuran IPZ ini akan menjadi dasar langkah intervensi program pada tahap selanjutnya di Balai Ternak BAZNAS Purwakarta

    Dari hasil pengukuran IPZ yang telah dilakukan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara kuantitatif dalam program yang telah dilaksanakan dan dapat dijadikan pertimbangan pengembangan program kedepannya sehingga dampak dapat lebih dirasakan mustahik.

>
BAYAR ZAKAT