BAZNAS Lakukan Pengukuran Dampak Program dan Supervisi di Balai Ternak Garut

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Peternak
  • Tanggal : 01/10/2021
  • BAZNAS Lakukan Pengukuran Dampak Program dan Supervisi di Balai Ternak Garut


    Balai Ternak BAZNAS Garut merupakan salah satu titik pemberdayaan peternak mustahik yang telah memasuki fase kemandirian, diresmikan sejak 31 Januari 2019 kini telah memberdayakan sebanyak 47 peternak mustahik aktif yang tersebar di 2 kelompok peternak yaitu Sauyunan dan Barokah. Selain telah memberikan dampak secara ekonomi, kehadiran Balai Ternak BAZNAS Garut ini juga telah memberikan dampak kemandirian secara kelembagaan melalui pendirian koperasi peternak dan dampak mental spiritual melalui infak kelompok.

    Memasuki fase kemandirian, banyak hal yang harus dipersiapkan salah satunya mengukur dampak program secara kuantitatif melalui alat ukur yang ada salah satunya melalui IPZ (Indeks Pendayagunaan Zakat) dan IPBT (Indeks Performa Balai Ternak). BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik biasanya melakukan pengukuran IPZ setelah program berjalan minimal 6 bulan dan kemudian diperbaharuhi setiap tahunnya. Pengukuran IPBT dan IPZ ini telah dilakukan BAZNAS pada 29-30 September 2021 di 2 Kelompok Peternak yang tergabung di Balai Ternak BAZNAS Garut.

    Pengukuran Indeks Pendayagunaan Zakat dilakukan melalui proses wawancara dan kunjungan langsung ke kelompok peternak serta melihat data perkembangan program. Ada lima aspek yang diukur pada pengukuran IPZ ini yaitu aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan dakwah. Hasil pengukuran IPZ ini akan menjadi dasar langkah intervensi program pada tahap selanjutnya di Balai Ternak. Sedangkan pengukuran Indeks Performa Balai Ternak BAZNAS meliputi beberap aspek penilaian yaitu penguatan kelembagaan, penguatan kapasitas masyarakat, indikator pengembangan usaha masyarakat, dan indikator pengembangan jaringan kerja,

    Selain melakukan pengukuran dampak program, BAZNAS melalui Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik juga lakukan supervisi untuk melihat perkembangan usaha dan teknis pemeliharaan yang telah berjalan di Balai Ternak BAZNAS Garut.

>
BAYAR ZAKAT