BAZNAS Lakukan Pendampingan Intensif Guna Kembangkan Usaha Saudagar Zmart

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 08/10/2021
  • BAZNAS Lakukan Pendampingan Intensif Guna Kembangkan Usaha Saudagar Zmart


    Menjadikan mustahik menjadi muzaki merupakan tujuan utama pemberdayaan ekonomi yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada para mustahik. Selain mendapatkan bantuan program, mustahik juga dibekali dengan penguatan potensi diri dalam mengembangkan usaha melalui pendampingan program.

    Seperti yang dilakukan oleh pendamping program Zmart Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS kepada dua saudagar Zmart Mustar Dahlan (35) yang berlokasi di Jalan Rawa Selatan III, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

    Mustar merupakan saudagar Zmart yang telah diberikan bantuan pengembagan usaha dan renovasi warung dalam program kerja sama BAZNAS dengan Islami Bank Development (IsDB) pada Juni 2021 lalu. Kini Mustar akan medapatkan pendampingan usaha dan pelatihan oleh pendamping program selama 1 tahun ke depan.

    Pendampingan dilakukan dengan memberikan arahan dan motivasi berupa inovasi pengembangan usaha dengan menambah produk usaha nonritel seperti menjual minuman seduh yang dapat diakses oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pemilihan produk nonritel tersebut didasari dengan ruang lingkup usaha Zmart Mustar merupakan wilayah padat penduduk.

    Pengembangan usaha tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan potensi pemasukan usaha dan menarik minat masyarakat dalam berbelanja. Selain memberikan motivasi usaha, Mustar juga dibekali pengetahuan tentang penggunaan aplikasi Zpay. Zpay merupakan aplikasi untuk transaksi (PPOB) Payment Point Online Banking, dimana aplikasi tersebut meiliki banyak fitur pembelanjaan online seperti transaksi pulsa, paket data, token listrik, dan lain lain.

>
BAYAR ZAKAT