BAZNAS Gelar Pelatihan Dasar Peningkatan Kapasitas untuk Calon Relawan BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Tengah

  • Diposting oleh : Tanggap Bencana
  • Tanggal : 30/09/2021
  • BAZNAS Gelar Pelatihan Dasar Peningkatan Kapasitas untuk Calon Relawan BAZNAS Tanggap Bencana Jawa Tengah


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui BAZNAS Tanggap Bencana menggelar pelatihan tingkat dasar untuk para calon relawan di BAZNAS Tanggap Bencana se-Jawa Tengah, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada Selasa (28/9) dan Rabu (29/9). Pelatihan dihadiri oleh 83 orang calon relawan dari 20 BAZNAS kabupaten/kota di provinsi Jawa Tengah.

    Hadir sebagai salah satu narasumber dari BAZNAS Tanggap Bencana RI yaitu Taufiq Hidayat selaku Wakil Kepala dan Maulana Ardiansyah selaku tim Respon BAZNAS Tanggap Bencana. Selain dari tim BAZNAS Tanggap Bencana RI, adapun pemateri lainnya dari BASARNAS Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Tengah. Adapun materi pelatihan calon relawan tersebut meliputi kegiatan respon dan pemulihan dalam kejadian bencana, yaitu penanganan dan pertolongan saat terjadi bencana, penyediaan sanitasi dan air bersih layak untuk korban bencana, dan pendirian tenda serta hunian sementara.

    Pelatihan hari pertama berisikan materi pengenalan BAZNAS Tanggap Bencana dan pertolongan pertama pada gawat daruratan.

     

    Pelatihan hari kedua berupa materi praktik langsung pendirian tenda, pembuatan pipanisasi, dan pembangunan HUNTARA

    Pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas para relawan BAZNAS Tanggap Bencana se-Jawa Tengah, khususnya di wilayah yang rawan bencana, agar relawan dapat lebih tanggap dan siap untuk nantinya ditugaskan ke wilayah bencana.

>
BAYAR ZAKAT