BAZNAS Dukung Sarana Produksi Perajin Bambu di Yogyakarta

  • Diposting oleh : Pembiayaan Mikro
  • Tanggal : 20/12/2021
  • BAZNAS Dukung Sarana Produksi Perajin Bambu di Yogyakarta


    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan program pemberdayaan usaha mitra mustahik dan menyalurkan bantuan modal usaha produktif bagi mitra mustahik pelaku usaha mikro di Yogyakarta. Program ini diselenggarakan atas sinergi BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Yogyakarta dengan BAZNAS Kabupaten Gunungkidul.

    Setelah sebelumnya pada September lalu, dilaksanakan penyaluran bantuan modal usaha produktif kepada kelompok mustahik perajin bambu di Dusun Gatak, Desa Gari, Gunungkidul, kini dilanjutkan dengan serah terima penyaluran bantuan termin kedua kepada mitra mustahik, Kamis, (16/12).

    Penyaluran bantuan ini diserahkan kepada kelompok rumpun bambu yang digunakan untuk pembangunan empat oven bambu kelompok sebagai alat pendukung produksi untuk meningkatkan produktivitas lantaran di musim penghujan seperti ini proses penjemuran bambu dapat memakan waktu yang cukup lama, kurang lebih 20 hari.

    Diharapkan dengan adanya bantuan modal usaha ini diharapkan dapat mendorong perputaran roda ekonomi perajin untuk lebih optimal dan produktif.

    Sementara itu, Manager BMD Yogyakarta, Nadia mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kerja sama yang dilakukan dengan BAZNAS Gunungkidul dalam bentuk kepedulian terhadap perkembangan mustahik pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi.

    Penyaluran modal usaha produktif ini disalurkan dengan nilai Rp22.500.000 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 15 mustahik pelaku usaha.

    BMD Yogyakarta merupakan salah satu program yang diinisiasi BAZNAS untuk memberdayakan pelaku usaha mikro melalui akses permodalan tanpa bunga dan layanan pengembangan usaha. Saat ini telah ada lebih dari 80 mitra mustahik pelaku usaha mikro yang telah menjadi mitra mustahik BMD Yogyakarta.

>
BAYAR ZAKAT