BAZNAS Dorong Perkembangan Pengelolaan Koperasi Tani Mustahik

  • Diposting oleh : Pemberdayaan Ekonomi
  • Tanggal : 05/01/2022
  • BAZNAS Dorong Perkembangan Pengelolaan Koperasi Tani Mustahik


    Dalam rangka peningkatan kapasitas petani dalam pengelolaan koperasi Tani, Kelompok Tani Makmur binaan Program Lumbung Pangan BAZNAS, mengadakan studi banding kepada Koperasi Kelompok Tani (KTT) Bagja, pada Selasa (4/1). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Koperasi Tani Bagja yang berlokasi di Dusun Kostim, Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

    Pada kesempatan ini, terlebih dahulu petani dibekali pemaparan tentang sejarah KKT Bagja yang berdiri sejak tahun 1998, dilanjut diskusi terkait dengan administrasi dan pembukuan koperasi. Kelompok Tani Makmur antusias dalam mengikuti kegiatan diskusi ini. Beragam pertanyaan terlempar dari petani terkait dengan operasional koperasi tani.

    Pendamping Program Lumbung Pangan Kabupaten Karawang, Agus menuturkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjadi gambaran dan upaya peningkatan kapasitas petani dari kelompok Tani Makmur.

    “Melalui studi banding ini, diharapkan bisa menjadi bekal bagi Kelompok Tani Makmur binaan BAZNAS dalam mendirikan koperasi tani. Dengan adanya koperasi tani, dapat berperan sebagai penyedia sarana produksi dan permodalan pertanian seperti penyediaan benih, pupuk, pestisida, dan traktor. Selain itu, melalui Koperasi bisa menjadi sarana penampungan dan distribusi hasil dari pertanian yang dilakukan oleh kelompok tani," ucap Agus.

    Kelompok Tani Makmur merupakan Kelompok Tani yang tergabung dalam Program Lumbung Pangan BAZNAS. Lumbung Pangan adalah program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor pertanian dan peternakan. Dalam program ini, mustahik diberikan bantuan sarana produksi, lahan, teknologi, dan akses pemasaran.

    Badan Amil Zakat Nasional
    Pilihan Pertama Pembayar Zakat
    Lembaga Utama Menyejahterahkan Umat
    #LPEMBAZNAS
    #LumbungPangan

>
BAYAR ZAKAT