BAZNAS Beri Pembinaan kepada Peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar Mesir

  • Diposting oleh : Beasiswa Pendidikan
  • Tanggal : 25/07/2022
  • BAZNAS Beri Pembinaan kepada Peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar Mesir


    Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS) RI memberikan pembinaan bagi 97 peserta Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al-Azhar Mesir Angkatan 1 (2019) dan Angkatan 2 (2021) secara online melalui zoom meeting pada Senin, 27 Juli 2022, dengan tema "Bangga Menjadi Keluarga Besar BAZNAS".

    Turut hadir pada pembinaan ini Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan, MA; Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Zakat Nasional, KH. Achmad Sudrajat LC.MA; Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI, Kairo, Mesir Prof. Bambang Suryadi, Ph.D,; Kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah BAZNAS RI, Farid Septian; Kepala Beasiswa BAZNAS Sri Nurhidayah, SH.M.Si, beserta tim Pendidikan dan Dakwah BAZNAS RI, Para Pengurus Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Mesir dan Peserta BCB Al-Azhar.

    Acara dibuka oleh Suli Hendra selaku MC dan merupakan Koordinator Beasiswa Luar Negeri, dan dilanjutkan dengan sambutan Farid Septian. “97 peserta Beasiswa BAZNAS adalah adik-adik pilihan dan alhamdulillah banyak prestasi yang ditorehkan, baik dalam bidang akademik yang meraih nilai mumtaz dan peraih 5 besar nilai tertinggi di fakultas dan juga menjuarai berbagai kompetisi di tingkat kampus dan di luar kampus," ucap Farid pada sambutannya.

    Prof Bambang menambahkan pada sambutannya bahwa para mahasiswa Indonesia di Mesir telah memberikan prestasi yang sangat baik dan menjadi duta bagi bangsa Indonesia.

    ”BAZNAS masuk ke dalam tiga besar pemberi beasiswa terbanyak untuk mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir. Pemberian beasiswa yang diberikan oleh BAZNAS adalah solusi yang tepat, sehingga para mahasiswa bisa konsentrasi dalam menuntut ilmu, belajar dengan nyaman, tenang dan berprestasi," ucap Prof. Bambang Suryadi, Ph.D.

    Saidah Sakwan pada sambutannya menyampaikan bahwa para peserta BCB Al-Azhar Mesir ini ke depan dapat menjadi para pemimpin baru Indonesia. “Kita ingin mempersiapkan kalian pemegang estafet kepemimpinan Indonesia, seorang pemimpin yang memiliki kompetensi yang mumpuni, standar religiulitas dan keilmuan islami yang mumpuni inn Syaa Allah indonesia akan lebih baik," kata Saidah.

    Selain itu ia juga menambahkan bahwa visi BAZNAS menjadi lembaga utama menyejahterakan umat, salah satu kesejahteraan Indonesia adalah bonus demografi. Bonus demografi ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. "BAZNAS ikut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM di Indonesia salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa di Al-Azhar, Kairo," ucap Saidah Sakwan.

    Pada penyampaian materi KH. Achmad Sudrajat LC.MA, menjelaskan secara lengkap terkait BAZNAS baik terkait pengelolaan zakat yang meliputi 3 Aman yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI, penghargaan yang didapatkan dan lainnya.

    "Rajin belajar dan membangun kompetensi wajib dilakukan teman teman mahasiswa. Selain wajib hal itu harus berimbang juga, sehingga nanti selepas lulus dari kuliah di Al Azhar, teman-teman tidak hanya sekadar belajar, tetapi juga memiliki kecakapan khusus terkait keorganisasian maupun sejumlah prestasi," ucapnya.

    Para peserta yang hadir sangat antusias dan mengikuti pembinaan dengan baik dan aktif bertanya kepada narasumber.

    Pembinaan ini adalah langkah untuk menguatkan para peserta beasiswa tentang BAZNAS dan memberikan informasi secara lengkap terkait BAZNAS kepada para peserta beasiswa.

>
BAYAR ZAKAT