‌Tingkatkan Produktivitas, Kelompok UKM BAZNAS Lakukan Produksi Ikan Sagang Lomek

  • Diposting oleh : Community Development
  • Tanggal : 11/02/2022
  • ‌Tingkatkan Produktivitas, Kelompok UKM BAZNAS Lakukan Produksi Ikan Sagang Lomek


    Memasuki 1 (satu) tahun UKM Berkah Bunda berdiri di Desa Beting yang didirikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dibawah binaan Lembaga Zakat Community Development (ZCD), tingkat produktifitas pada 1 (satu) terakhir bisa dikatakan stabil dikarenakan pada setiap bulannya UKM Berkah Bunda tetap aktif melakukan produksi Sagang Lomek dan berhasil memasarkan tanpa ada stok yang tersisa. Bisa dikatakan di setahun terakhir ini kurang lebih dari 500 kg Sagang Lomek telah terjual dan dipasarkan baik di Desa Beting sendiri maupun di Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti (Selatpanjang).

    Pada Kamis (10/2/2022), 4 (empat) orang anggota Kelompok UKM Berkah Bunda melakukan produksi Sagang Lomek di Dapur Produksi dengan total keseluruhan produksi hari ini mencapai 20 kg ikan lomek yang akan diproses dan diolah menjadi Sagang Lomek. Untuk penjualan, 1 kg sagang lomek dijual seharga Rp. 100.000, akan tetapi untuk proses pemasaran Sagang Lomek dikemas dalam ukuran 1 ons dengan harga Rp. 10.000/ons. Proses pengolahan Sagang Lomek menggunakan bara api dan sinar matahari dalam proses pengeringan ikan lomek.

    Proses dari pengolahan ikan lomek menjadi Sagang Lomek cukup memakan waktu dikarenakan untuk memastikan kualitas Sagang Lomek benar-benar kering sehingga tidak menimbulkan pembusukan pada Sagang Lomek. Untuk produksi kali ini, anggota kelompok tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker dikarenakan masa dalam masa Pandemi Covid-19.

    Produksi pengolahan Sagang Lomek kali ini sebanyak 20 kg ikan lomek yang setelah menjadi sagang akan susut menjadi 2 kg sagang lomek. Adapun harga jual dari sagang lomek yakni 1ons Rp. 10.000 dan kemudian akan dipasarkan di sekitar wilayah Desa Beting.

     

    #BAZNASRI
    #InovasiBerkaryaUntukUmat
    #LembagaUtamaMenyejahterakanUmmat
    #GerakanCintaZakat
    #ZakatCommunityDevelopment

>
BAYAR ZAKAT