BAZNAS Tingkatkan Kompetensi Koordinator Beasiswa Melalui Virtual Camp Beasiswa

  • Diposting oleh : Admin
  • Tanggal : 03/01/2023
  • Bagikan :

BAZNAS Tingkatkan Kompetensi Koordinator Beasiswa Melalui Virtual Camp Beasiswa


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan acara pembekalan bagi para mahasiswa koordinator beasiswa. Pembekalan dilakukan secara daring pada tanggal 17-18 Desember 2022 secara daring.

Virtual Camp menargetkan dua orang perwakilan setiap kampus guna mengkuti kelas pelatihan di bidang jurnalistik, desain dan media, serta komunikasi. Sebanyak 100 orang lebih mengikuti kegiatan virtual camp secara penuh.

Virtual Camp hari pertama diisi dengan webinar dan diskusi. Virtual camp hari pertama dibuka oleh Direktur Pendistribusian BAZNAS RI, Ahmad Fikri.

Ahmad Fikri dalam sambutannya menegaskan bahwa para koordinator adalah simpul-simpul BAZNAS di masing-masing kampus. Peran masing-masing saat ini akan menguatkan jaringan itu di masa akan datang. 

Berbagai materi diberikan kepada para peserta dari perwakilan 150 kampus mitra, di antaranya tentang amanah zakat, kepemimpinan, netiket, komunikasi, jurnalisitik, dan desain. Materi amanah zakat disampaikan oleh Heri Mulyadi, Staf Senior Divisi Pendidikan BAZNAS untuk memastikan nilai-nilai zakat menjadi bagian kehidupan para penerima beasiswa.

Materi kepemimpinan disampaikan oleh Mohamad Solehudin Zaenal, Staf Divisi Pendidikan BAZNAS untuk merefleksikan peran team leaership para koordinator dalam menggerakkan para anggota. Materi netiket disampaikan oleh Marinta Intansari, Staf Divisi Pendidikan BAZNAS untuk menanamkan pentingnya etika di dunia maya/internet sama halnya dengan kehidupan nyata. 

Hari kedua dilanjutkan dengan materi komunikasi, desain dan media, serta jurnalistik. Materi komunikasi disampaikan oleh Suli Hendra, Staf Divisi Pendidikan BAZNAS untuk membekali para mahasiswa melatih diri dalam memimpin kegiatan-kegiatan di depan publik, seperti menjadi moderator.

Materi desain dan media disampaikan oleh Fitri Amalina, Staf Divisi Pendidikan BAZNAS untuk memberikan pelatihan desain sesuai dengan standar BAZNAS. Adapun materi jurnalistik disampaikan oleh Ilman Faqih S, Staf Divisi Pendidikan BAZNAS untuk membekali mahasiswa dapat membuat berita singkat yang dapat mengangkat eksistensi zakat dan BAZNAS. Para peserta mengikuti virtual camp selama dua hari berturut-turut.

Pasca kegiatan, para mahasiswa dikelompokkan dan akan berperan sesuai dengan kelas peminatan masing-masing. Kegiatan ditutup oleh Farid Septian, Kepala Divisi Pendidikan dan Dakwah BAZNAS RI.

BAYAR ZAKAT