Tradisi Makanan Nusantara untuk Berbuka

Tradisi Makanan Nusantara untuk Berbuka

Tradisi Makanan Nusantara untuk Berbuka

13/04/2023 | Admin

Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa, kedatangannya sangat dinanti umat muslim. Membahas tentang Ramadan, kurang lengkap rasa jika tidak membahas kulinernya khususnya makanan nusantara untuk berbuka puasa. 

Indonesia memiliki beragam suku bangsa karena keberagaman itulah, beragam pula jenis makanannya khususnya makanan yang disajikan saat Bulan Ramadan. Berikut beberapa makan nusantara yang bisa dijadikan rekomendasi untuk berbuka puasa. 

 

1. Kolak 

Di Bulan Ramadan, makanan ini sangat sering ditemui. Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini, memiliki rasa yang manis dan gurih. Bahan dasar dalam pembuatannya, yakni gula aren atau gula kelapa, santan, dan pandan. Untuk isinya, biasanya diisi dengan pisang ataupun ubi.

 

2. Ketan Bitul

Makanan yang asal  Banten, berbahan ketan dan taburan serundeng sejenis kelapa parut yang disangrai dengan rempah-rempah. Konon, kuliner ini sudah aja sejak abad ke-16 dan menjadi makanan favorit Sultan Banten untuk berbuka puasa. Maka tak heran saat Bulan Ramadan banyak orang berburunya untuk berbuka puasa. 

 

3. Barongko

Makanan khas Ramadan selanjutnya berasal dari daerah Makassar, yakni barongko. Bahan utama pembuat barongko ialah pisang. Makanan khas Makassar tersebut, jarang sekali ditemui. Pasalnya, di daerah asalnya pembuatan barongko tidak sembarang orang, hanya orang-orang yang berpengalaman saja yang membuatnya. Dan hanya acara-acara ataupun momen tertentu saja barangko mudah ditemui, salah satunya, yakni momen pada Bulan Ramadan. 

 

4. Bubur Pacar Cina 

Bubur pacar cina khas Betawi ini, menjadi salah satu makanan yang cocok saat berbuka puasa. Makan berbahan dasar sagu ini cocok untuk makanan buka puasa. Untuk penyajian biasanya diberi tambahan es batu, rasa segar pada bubur pacar cina sangat melegakan dahaga setelah seharian berpuasa.

 

5. Kicak

Tidak kalah tenar dengan gudeg, kicak juga salah satu makanan khas Yogyakarta memiliki banyak peminatnya, khususnya pada Bulan Ramadan. Makanan khas Yogyakarta tersebut terbuat dari ketan yang telah ditumbuk halus, lalu dicampurkan dengan santan, nangka, dan juga kelapa parut. Setelah diolah, nantinya kita akan merasakan rasa manis dari nangka, serta gurih dari kelapa parut dan santan. 

 

6. Kue Bingke

Makanan khas Pontianak ini memiliki rasa yang gurih dan manis, serta teksturnya yang lembut membuat kue bingke cocok dijadikan salah satu makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Ciri khas dari kue bingke ini terletak pada bentuk bunga yang unik. 

 

7. Mi Glosor

Mi Glosor merupakan makanan khas Bogor ini memiliki tekstur yang licin dan mudah ditelan . Mi glosor terbuat dari tepung singkong atau aci. Dalam penyajiannya, Mi Glosor ditumis bersama sayuran dan diberikan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap. Pada Bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang memburunya untuk dijadikan makanan berbuka.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ