Tradisi-tradisi Unik Ramadhan di Seluruh Dunia

Tradisi-tradisi Unik Ramadhan di Seluruh Dunia

Tradisi-tradisi Unik Ramadhan di Seluruh Dunia

17/04/2023 | Admin

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dirindu dan kedatangannya selalu disambut dengan penuh suka cita oleh umat muslim di  penjuru dunia. Terdapat beragam tradisi unik Ramadhan di seluruh dunia dalam memeriahkan bulan yang suci ini

Tradisi di setiap negara memiliki keunikan masing-masing. Dengan keunikan tersebut menjadi suatu ciri khas dari sebuah masyarakat adat suatu negara untuk bisa dikenal luas. Berikut tradisi-tradisi unik Ramadhan di seluruh dunia 

 

1. Turkiye 

Negara yang dikenal dengan kemegahan Masjid Hagia Sofia ini memiliki beberapa tradisi unik saat Ramadhan, salah satunya ialah menabuh drum atau genderang untuk membangunkan umat muslim sahur. Bukan genderang biasa, genderang ini berasal dari budaya Kekaisaran Ottoman. 

Dalam perwujudannya para penabuh genderang akan berkeliling membawa genderang sambil mengenai pakain tradisional (fez dan rompi). 

 

2. Arab Saudi 

Saat Bulan Ramadhan, di Arab Saudi mungkin di beberapa tempat akan terdengar suara gemuruh dari meriam. Meriam tersebut akan diluncurkan saat magrib tiba sebagai tanda waktu buka puasa. Meriam Ramadhan tidak hanya ditemukan di negara Arab Saudi, namun ada juga di Qatar, Lebanon, Oman, Kuwait, Tunisia, Suriah, Bahrain. 

 

3.  Mesir 

Pada Bulan Ramadhan, Fanous(fanus) warna-warni akan menghiasi sejumlah sudut di Mesir. Fanous, yakni lampu tradisional (lentera) khas kairo yang melambangkan tanda persatuan dan kegembiraan selama Bulan Ramadhan. Kebanyakan orang akan menghias rumah dengan fanous. Fanous merupakan sebuah lampu gantung yang berbentuk tabung dengan ukuran khas timur tengah. 

 

4. Rusia 

Salah satu negara dengan durasi puasa yang lama. Biasanya pada Bulan Ramadhan muslim Rusia akan berkumpul di masjid untuk berbuka bersama. Meraka akan mengonsumsi makanan khas Rusia, seperti khingalsh (roti yang berisi keju) dan galnash (roti yang terbuat dari gandum). 

 

5. Maroko

Hampir mirip dengan Negara Turkiye, di Negera Maroko ada tradisi unik di Bulan Ramadhan, ialah dengan menabuhkan alat musik saat sahur oleh nafar. Nafar (petugas) yang membangunkan sahur dengan mengenakan pakaian tradisional Maroko yang unik. 

 

6. Irak 

Bulan Ramadhan harus disambut dengan kegembiraan. Di Irak ada semacam permainan yang sering dijumpai saat Bulan Ramadhan, ialah mheibas. Permain mheibas merupakan permainan tradisional. Permainan mheibas terdiri 21 pemain dalam satu tim, yang berarti ada 42 tangan dalam tim untuk dipilih. Ketika sebuah tim mencetak 21 poin lebih dahulu, maka tim tersebut dikeluar sebagai pemenangnya.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ