Inilah Dalil-Dalil Tentang Kurban

Sumber: BAZNAS RI

Inilah Dalil-Dalil Tentang Kurban

28/06/2021 | Admin

Hari Raya Idul Adha yang jatuh tiap tanggal 10 Dzulhijjah memiliki kisah yang begitu kuat tentang keimanan sepasang ayah dan anak, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Keduanya mengajarkan kita sebagai umat manusia untuk merelakan sesuatu yang paling dicintai karena cinta yang kekal dan utama adalah kepada Allah SWT. Kita juga diajarkan untuk mematuhi perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

 

Saat Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih anaknya, dan dilakukan olehnya, itu merupakan bentuk ketaatannya kepada perintah Allah. Peristiwa itu pula yang mendasari ibadah kurban yang dilakukan umat muslim hingga kini.

 

Perintah bagi umat Islam untuk berkurban ini tertera dalam Al-Qur`an surah Al-Hajj ayat 34:

"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)"

 

Pada surah Al-Kautsar juga jelas perintah Allah untuk berkurban. 

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” (Al-Kautsar: 1-2).

 

Dalam surah Ash-Shaffat ayat 102 juga dikisahkan tentang Nabi Ibrahim yang bermimpi mendapat perintah untuk menyembelih putranya yaitu, Nabi Ismail.

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu! Ia menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insha Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”

 

Lalu di Al-Maidah ayat 27 tentang kurban yang dilakukan anak Nabi Adam yaitu, Qabil dan Habil.

"Dan ceritakanlah (Muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka (kurban) salah seorang dari mereka berdua (Habil) diterima dan yang lain (Qabil) tidak diterima. Dia (Qabil) berkata, Sungguh, aku pasti membunuhmu! Dia (Habil) berkata, Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertakwa”

 

Mari tebar kebahagiaan dan raih keutamaan ibadah kurban melalui Kurban Online BAZNAS, dengan cara klik: baznas.go.id/kurban

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ