"https://baznas.go.id/184"
  • Tanggal : 06/09/2019
  • Diposting oleh : Admin

Sofi Wahibah (37tahun) adalah pengusaha catering asal Bojong Rangkas. Ia adalah Mitra Baznas Microfianance Desa Bojong Rangkas tahun 2018.

Sofi memulai usaha catering sejak 2016 lalu. Berawal dari banyaknya keluarga yang memuji masakannya, Sofi dan Suami mantap untuk menjalankan usaha catering. “ide bisnis catering muncul karena termotivasi oleh saudara saya yang menilai bahwa masakan saya katanya enak”, jelas Sofi.

Infak dari Muzaki BAZNAS yang disalurkan dalam bentuk modal usaha ia gunakan untuk membeli bahan baku catering. Sebelum menerima pembiayaan Sofi mendapatkan pesanan dari lima pelanggan. Kini ia sudah memiliki 30 pelanggan untuk setiap harinya. “Sebelum adanya pembiayaan modal usaha saya hanya membuat jumlah porsi terbatas karena modal yang kami miliki  tidak cukup”, ungkap Sofi.

Sofi menjelaskan harga satu porsi untuk makanan yang ia jual adalah Rp. 7.000 sampai  Rp. 15.000/porsi. Kini Ia mendapatkan keuntungan Rp 1.500.000 setiap bulannya. “dalam satu bulan saya mendapat Rp 3.000.000,00 setelah dipotong dengan bahan baku dan transportasi  saya mendapat Rp 1.500.000,00 per bulan,”jelas Sofi.

BMD Bojong Rangkas merupakan salah satu program BAZNAS yang menyalurkan pembiayaan modal usaha dengan bunga nol persen tanpa jaminan kepada para pelaku usaha mikro. Adanya BMD Bojong Rangkas diharapkan mampu menjawab permasalahan para pelaku usaha mikro dalam mengakses permodalan.