Dalil dan Keutamaan Sholat Tarawih 

Dalil dan Keutamaan Sholat Tarawih

Dalil dan Keutamaan Sholat Tarawih 

20/04/2023 | Admin

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, di mana Allah SWT telah janjikan kebaikan dan pahala berlimpah bagi siapa saja yang ikhlas dalam melaksanakannya. 

Berbagai amalan dapat dilakukan selama Ramadhan, baik wajib maupun sunnah. Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan adalah shalat tarawih. 

Meskipun merupakan amalan sunnah, namun pahala yang dijanjikan dalam ibadah tarawih tidak kalah dari amalan wajib. Apalagi banyak sekali manfaat serta keutamaan yang bisa didapat dari melaksanakan sunnah ini. 

Berikut keutamaan shalat tarawih dari beberapa hadits yang dikutip dari buku “Bekal Ramadan dan Idul Fitri” karya Saiyid Mahadir:  

1. Penghapus dosa yang sudah lalu 

 

Artinya: "Barangsiapa melakukan ibadah puasa Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim). 

Yang dimaksud “pengampunan dosa” dalam hadits ini adalah bisa mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadits, sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Mundzir. 

Namun An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa kecil. 

 

2. Pahala seperti shalat semalam 

 

Artinya: "Barang siapa yang ikut melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh." (HR. Abu Daud dan Turmudzi). 

Itulah keutamaan sholat tarawih berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Meskipun amalan ini bersifat sunah, namun kebaikan dan keutamaannya begitu berlimpah.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ