Keutamaan Sahur di Akhir Waktu

Keutamaan Sahur di Akhir Waktu

Keutamaan Sahur di Akhir Waktu

12/04/2023 | Admin

Sahur merupakan salah satu rangkaian dari ibadah puasa. Meskipun hukum dari sahur itu sunah, di balik itu semua terdapat keutamaan sahur khususnya saat bersahur di akhir waktu.

Menahan lapar dan haus di bulan Ramadan bukanlah suatu perkara yang mudah. Dan hal tersebut harus dilakukan oleh umat muslim saat berpuasa. Dari kesulitan tersebut, maka terdapat kemudahan yang diberikan oleh Allah yakni dengan dianjurkannya untuk bersahur. 

Sebelumnya menunaikan ibadah puasa Ramadan, umat muslim disunahkan untuk sahur. Sebaik-baik waktu sahur ialah di akhir waktu. Hal tersebut berdasarkan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahuanhu, "Segeralah berbuka dan akhirkanlah sahur"

Tidak hanya tentang makan dan minum sebelum berpuasa, terdapat beberapa keutamaannya sahur di akhir waktu, di antaranya : 

 

1. Fisik menjadi lebih bertenaga

Melaksanakan ibadah puasa, bukan berarti mengurangi kuantitas maupun kualitas dari aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, sahur sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bertenaga. Bersahur di akhir waktu bisa mempersingkat waktu lapar saat puasa. Bandingkan jika seseorang sahur setelah salat tarawih, mungkin di siang hari tubuh sudah kehilangan tenaga. 

 

2. Terhindar dari lalainya salat subuh

Jika seseorang sahur di akhir waktu (mendekati subuh) membuat jarak antara sahur dengan waktu subuh tidak jauh sehingga memungkinkan untuk segera melakukan salat subuh di awal waktu. 

 

3. Terhindar dari berbagai penyakit

Sebagian orang mungkin pernah mengalami ketiduran setelah sahur. Salah satunya dikarenakan jarak waktu antara sahur dengan subuh terlalu lama. Tidur setelah makan dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Oleh sebab itu dianjurkan untuk sahur mendekati shubuh. 

 

4. Mengikuti kebiasaan Rasulullah

Dalam surat Al-Ahzab ayat 21 menjelaskan bahwa Rasulullah memiliki teladan terbaik. Dan barangsiapa yang mengikuti jejaknya niscaya kita akan selamat dan beruntung. Dalam sahur, Rasulullah bersahur di akhir waktu, hal tersebut berdasarkan kesaksian Hudzaifah, ia pernah makan sahur bersama Nabi Muhammad SAW saat menjelang subuh, (HR Ibnu Majah). 

Kesaksian Hudzaifah ini diperkuat oleh pengakuan Zaid bin Tsabit. Zaid pernah sahur bersama Nabi Muhammad SAW kemudian setelah itu salat berjamaah. Ketika ditanya, berapa lama jarak antara selesai makan dan salat, Zaid menjawab, “Kisaran membaca lima puluh ayat,” (HR Ibnu Majah). 

Maka, waktu terbaik untuk bersahur ialah bersahur di akhir waktu. Selain mengikuti kebiasaan Rasulullah, tetapi terdapat manfaat yang diperoleh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk bersahur di akhir waktu.

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ