Rukun Dan Syarat Puasa Yang Wajib Diketahui

Sumber: BAZNAS RI

Rukun Dan Syarat Puasa Yang Wajib Diketahui

26/04/2021 | Admin

Segala jenis ibadah, tentu memiliki rukun dan syarat agar ibadah yang dijalankan dapat dikatakan sah, tak terkecuali dengan ibadah puasa. Ibadah puasa diartikan sebagai ibadah yang wajib untuk ditunaikan pada bulan Ramadhan dengan menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu dimulai sejak terbitnya matahari (subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib).

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah  ayat 183, yang menjelaskan perintah untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

 

Namun, sebelum kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja rukun dan syarat wajib puasa Ramadhan. Ibadah puasa ramadhan memiliki 2 rukun dan 5 syarat wajib, berikut ulasannya:

 

Rukun Puasa Ramadhan

Niat Untuk Berpuasa

Niat puasa diartikan sebagai sebuah penegasan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Niat puasa ini hendaknya dibaca setiap malam di bulan Ramadhan, atau sebelum waktu fajar. Adapun berikut bacaan niat puasa:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adai fardhi syahri romadhana hadzihissaanati lillahi ta’ala

Artinya : Aku niat puasa berpuasa besok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.

 

Menahan diri dari tindakan yang membatalkan puasa

Saat berpuasa hendaklah kita menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dimulai sejak waktu fajar hingga terbenamnya matahari. Adapun hal-hal yang membatalkan puasa adalah makan, minum, keluar air mani yang disengaja, muntah yang disengaja, nifas, menstruasi, dan keluar dari islam (murtad).

 

Setelah mengetahui rukun puasa Ramadhan, adapun syarat wajib puasa yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

 

Syarat Wajib Puasa

Muslim

Syarat pertama yang wajib untuk dipenuhi untuk menjalankan ibadah puasa adalah berstatus sebagai seorang muslim. Karena puasa ini merupakan ibadah yang termasuk dalam rukun islam, dengan demikian ibadah ini wajib ditunaikan oleh seorang Muslim. Namun, bagi mereka yang keluar dari islam (murtad), maka tidak diwajibkan untuk berpuasa dan apabila dijalankan menjadi tidak sah.

 

Balig atau Sudah Dewasa (Pubertas)

Syarat wajib yang kedua untuk menjalankan ibadah puasa adalah dengan umur diatas 15 tahun atau telah mencapai status balig atau pubertas. Status balig bagi perempuan ditandai dengan hadirnya menstruasi. Sedangkan, status balig bagi laki-laki ditandai dengan keluarnya air mani dari kemaluannya.

 

Berakal Sehat

Syarat ketiga adalah berakal sehat, apabila seorang Muslim kehilangan akal sehatnya (gila) maka puasa tidaklah diwajibkan untuknya. Begitupun dengan seorang muslim yang kehilangan kesadarannya atau dalam keadaan mabuk.

 

Mampu Menjalankan Ibadah Puasa

Jika seorang muslim telah memenuhi syarat wajib puasa namun tidak bisa menjalankannya karena suatu alasan tertentu, maka diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa. Alasan-alasan tersebut seperti dalam keadaan sakit, usia senja, dalam perjalanan, ibu hamil dan menyusui. Namun, jika masih mampu, wajib baginya pula untuk menggantikan puasa ramadhan tersebut di hari lain. Namun jika tidak bisa menggantikannya dengan berpuasa dihari lain, maka wajib baginya untuk membayar fidyah sesuai dengan jumlah puasa Ramadhan yang ditinggalkannya.

 

Mengetahui Awal Ramadhan

Syarat wajib puasa yang terakhir adalah dengan mengetahui waktu awal berpuasa hingga akhir puasa atau sebulan penuh.

 

Mari perbanyak ibadah dan menebar kebaikan di bulan suci penuh berkah ini, melalui sedekah yang Anda tunaikan di BAZNAS

Sedekah sekarang melalui:

BNI – 700.007.704

(a.n Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS)

Atau klik link baznas.go.id/sedekahbaznas

 

Setelah melakukan transaksi, silahkan mengkorfirmasi sedekah Anda ke baznas.go.id/konfirmasi

Terima Kasih

Dapatkan Update Berita dan Informasi Penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah.

Follow us

Copyright © 2024 BAZNAS

Kebijakan Privasi   |   Syarat & Ketentuan   |   FAQ