"https://baznas.go.id/99"
  • Tanggal : 16/07/2019
  • Diposting oleh : Admin

Idul Adha adalah hari raya umat Islam setelah Idul Fitri. Idul Adha dilakukan setiap tangggal 13 Dzulhijjah tahun Hijriyah. Pada momen Idul Adha, umat Islam disunnahkan melakukan ibadah kurban sebagai bukti keimanan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Biasanya berbagai hal dilakukan oleh masyarakat untuk mempersiapkan ibadah kurban, dari mulai menabung, sampai memilih lokasi akan berkuban dimana.Sebelum melakukan kurban, adakalanya kita perlu memilih hewan kurban terbaik, mengapa? Karena apa yang akan dikurbankan oleh kita akan dipersembahkan kepada Allah SWT. Maka sangat penting bagi kita untuk memilih hewan kurban terbaik.

Inilah 3 hal yang harus diperhatikan saat akan memilih hewan kurban:

1.   Hewan kurban sudah cukup umur

Perlu diperhatikan, bahwa hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan adalah sapi atau kerbau yang sudah berumur 2 tahun dan 1 tahun untuk kambing atau domba.

2.   Hewan kurban dilindungi dengan kandang yang baik

Pilihlah hewan kurban yang diberikan kandang yang baik, yaitu beratap dan mendapat pencahayaan cukup. Kandang terpisah antar satu hewan dengan hewan lainnya dan memiliki makanan serta minuman yang cukup.

3.   Kondisi Ternak dalam keadaan baik

Hewan ternak yang akan dikurbankan harus dalam keadaan baik, meliputi nafas hewan teratur, dapat berdiri tegak dan tidak ada luka di tubuhnya. Selain itu, bola mata hewan bening dan tidak bengkak, area mulut bersih, area anus bersih, serta kotoran hewan berbentuk padat.